Di Kantor PD Persis Kota Bandung, Arif Jaring Aspirasi Warga dalam Mengawali Reses II - El Jabar

Di Kantor PD Persis Kota Bandung, Arif Jaring Aspirasi Warga dalam Mengawali Reses II

BANDUNG, eljabar.com — Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat H. Arif Hamid Rahman, SH melaksanakan reses II dalam mengawali kegiatan tahun 2019-2020 yang digelar di kantor Pimpinan Daerah Persatuan Islam (PD Persis) Kota Bandung, Senin (02/03/2020).

Kegiatan reses yang dimulai tanggal 02 hingga 11 Maret 2020 ini merupakan media untuk menjaring aspirasi masyarakat yang diwakilinya terkait permasalahan penyelenggaraan pemerintahan daerah dan kebutuhan pembangunan daerah serta terkait bantuan-bantuan yang digulirkan oleh pemerintah khususnya Provinsi Jawa Barat.

“Selain kegiatan silaturahmi, giat reses bagi anggota dewan ini adalah untuk menjaring aspirasi maupun masukan atau keluhan dari masyarakat. Saya sekarang duduk sebagai wakil rakyat di tingkat Provinsi Jawa Barat mencoba menampung keluh kesah atau aspirasi yang berkembang di masyarakat,” terang anggota Komisi I dari Fraksi Gerindra Pembangunan ini.

Disamping dapat membantu, sambung Arif, dari hasil reses tersebut paling tidak dirinya bisa meneruskan dan menyampaikan apa yang menjadi problem dan keinginan terlebih jamaah Persis.

Selain pengurus PD Persis Kota Bandung tampak hadir juga pengurus PD Persatuan Islam Isteri (Persistri), kalangan pemuda serta pemudi Persis serta perwakilan Himpunan Mahasiswa (Hima) Persis.

Pada kesempatan itu mengemuka keinginan bantuan kendaraan operasional termasuk biaya operasionalnya bagi PD Persistri Kota Bandung pasalnya selama ini mobilitas kerja Persistri di 30 kecamatan mengandalkan seadanya. Bukan hanya itu, terungkap juga keinginan kantor PD Persistri yang lebih refresentatif agar menunjang pada optimalisasi kinerja.

Aspirasi lain juga disampaikan mengenai kekhawatiran tata cara penyembelihan di Tempat Pemotongan Hewan (TPH), Rumah Pemotongan Hewan (RPH) atau biasa disebut jagal di Kota Bandung, sebab selain dikhawatirkan tidak sesuai syariat Islam juga berdampak pada kesehatan, higienitas juga kualitas daging yang dihasilkan.

Kekhawatiran itu cukup beralasan sebab didapatkan dari hasil pengamatan di lapangan termasuk di beberapa TPH maupun RPH di Kota Bandung.

Atas dasar masukan dan informasi tersebut, Haji Arif panggilan akrab politisi Partai Gerindra ini berjanji akan sesegera mungkin mengkoordinasikan hal tersebut kepada dinas terkait.

“Sebenarnya wilayah itu merupakan kewenangan Pemerintah Kota Bandung, namun atas informasi itu saya akan segera sampaikan pada instansi terkait atas pola penyembelihan hewan di tempat jagal. Bila didapati di lapangan cara penyembelihannya menyalahi norma dan kaidah maka kita dorong agar tata cara penyembelihan dapat ditinjau kembali,” tegasnya.

Adapun ajuan warga yang bersifat bantuan sosial, Arif menyampaikan ajuan proposal bantuan sosial akan disesuaikan dengan regulasi yang mengacu pada e-planning serta e-budgeting.

Arif pun menaruh respek sangat besar saat muncul keinginan pemuda dan pemudi serta Hima Persis yang menginginkan adanya pendidikan dan pelatihan dengan menghadirkan narasumber yang berkompeten serta dinilai kapabel di bidangnya.

Keinginan tersebut sebagai ikhtiar capasity building atau membangun dan mengembangkan potensi SDM yang berkualitas khususnya bagi jamiyah Persis salah satunya akan digelar acara manasik haji akbar oleh PD. Persistri pada tanggal 4 April mendatang.

Sedang Ketua PD Persis Kota Bandung, Ustadz Wawa Suryana mengharapkan kegiatan reses dan silaturahmi dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi kemashlahatan umat dan masyarakat. (*)

Categories: Politik