Sekaligus, Wakil Bupati Sumedang Lantik 5 Ketua Majelis Pembimbing Ranting Kwartir Ranting Pramuka - El Jabar

Sekaligus, Wakil Bupati Sumedang Lantik 5 Ketua Majelis Pembimbing Ranting Kwartir Ranting Pramuka

SUMEDANG, eljabar.com — Wakil Bupati Sumedang H Erwan Setiawan selaku Ketua Kwartir Cabang Pramuka Sumedang melaksanakan pelantikan terhadap Ketua Majelis Pembimbing Ranting Kwartir Ranting Pramuka Cibugel, Wado, Jatinunggal, Cimanggung dan Tanjungkerta, bertempat di Kantor Sekretariat Kwarcab Gerakan Pramuka Sumedang, Cigugur, Selasa (03/03/2020).

Tampak Hadir Para Camat yang akan dilantik Menjadi Ketua Kwaran Gerakan Pramuka, Camat Cibugel Cicin Sondali, Camat Wado, Taufik Hidayat Slamet, Camat Jatinunggal, Edi Wahyu, Camat Cimanggung Herry Harjadinata serta Camat Tanjungkerta, Beni Satriaji.

Setelah prosesi pelantikan usai, perwakilan Ketua Kwaran, Beny Satriaji dalam sambutannya mengungkapkan, hari ini merupakan hari yang luar biasa dan sangat bersejarah bagi dirinya dan para Ketua Mabiran lain yang baru saja dilantik.

“Selama hidup baru pertama kali saya dilantik menjadi ketua Mabiran, walaupun sudah beberapa kali dianggap jadi Ketua Mabiran waktu bertugas di Kecamatan Conggeang selama tiga tahun dan satu tahun di Kecamatan Buahdua, lalu di Tanjungkerta saat ini baru bertugas selama 2,5 tahun,” ungkapnya.

“Berkenaan dengan itu (dilantik) tentunya selaku Ketua Mabiran kami harus mampu dan mau membimbing Gerakan Pramuka di tingkat kecamatan masing- masing, untuk lebih menggerakkan, menggairahkan mengubah kondisi pemuda Indonesia ke arah lebih baik,” ucapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Sumedang H Erwan Setiawan dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya kepada para Ketua Mabiran yang baru saja ia lantik.

“Mudah-mudahanĀ  kita semua diberikan kekuatan untuk terus meningkatkan kualitas Gerakan Pramuka di Kabupaten Sumedang menuju Gerakan Pramuka yang semakin baik lagi. Semoga kiprah kita lebih dirasakan lagi oleh masyarakat secara luas,” ucapnya.

Ia juga mengajak kepada yang hadir saat itu, untuk bersama-sama memanjatkan doa memohon dihindarkan dari segala musibah dan marabahaya.

Pasalnya, sebagaimana dikatakan Erwan, saat ini ada beberapa kejadian musibah yang terjadi baik di tingkat Desa, Kecamatan, Kabupaten, Nasional, bahkan di Dunia, seperti halnya bencana longsor, banjir sampai musibah turunnya wabah penyakit.

“Semoga kita dijauhkan dari bencana- bencana yang ada, dan untuk saudara-saudara kita yang terkena bencana, semoga diberikan ketabahan dan keiklasan dalam menerima cobaan,” ungkapnya.

Terkait hadirnya musibah Virus Corona yang saat ini tengah menjangkit diseluruh bagian dunia, Erwan mengimbau agar seluruh masyarakat dan pemerintah agar mampu meningkatkan kewaspadaannya.

Dikatakan Erwan lebih lanjut, saat ini akselerasi dan aksi seluruh komponen pemerintah sangat ditunggu oleh masyarakat, terlebih lagi di tengah- tengah terjadinya berbagai bencana.

“Kita harus selalu siap waspada dan siap membantu sesama kita yang terkena bencana. Apalagi ketua Mabiran ini merupakan para Camat, yang tentunya harus selalu siap setiap saat,” tukasnya.

Berkaitan dengan agenda pramuka yang dilaksanakan di lingkungan Pemda Kabupaten Sumedang, dikatakan Erwan bahwa telah terdapat beberapa agenda penting yang akan segera dilaksanakan.

“Akan ada Rakerda, bulan agustus ada Jambore Cabang. Kita persiapkan nanti dengan sebaik mungkin, kita tentukan tempatnya yang strategis, apakah di daerah Sumedang kota atau di wilayah Cimalaka,” terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, Erwan berharap para ketua yang sudah dilantik agar dapat bersinergi antara ranting di tingkat kecamatan dengan kwarcab di tingkat kabupaten.

“Saya berharap betul- betul bersinergi, program- program kita juga lebih mengena sampai ke tingkat kecamatan hingga desa sehingga kegiatan gerakan pramuka akan betul- betul menyentuh dan bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya.

“Tentunya, lanjut Erwan, ini merupakan suatu tantangan tersendiri bagi segenap komponen gerakan pramuka untuk dapat diwujudkan sebagaimana motto yang selama ini dipegang teguh oleh pramuka, yakni “Satyaku Kudarmakan, Darmaku Kubaktikan” harus betul- betul tidak hanya slogan tapi dilaksanakan di kehidupan sehari-hari,” pungkasnya. (Abas)

Categories: Pendidikan