Mencari Solusi Terbaik, Dari Dampak Pandemi Virus Corona - El Jabar

Mencari Solusi Terbaik, Dari Dampak Pandemi Virus Corona

ADIKARYA PARLEMEN

 

BANDUNG, eljabar.com –  Gegernya pandemi virus corona saat ini, sudah menjadi pusat perhatian dunia. Pemerintah dan swasta bahu-membahu untuk melakukan pencegahan terhadap penyebaran menularnya virus corona dikalangan masyarakat.

Virus yang awal mulanya diketahui mewabah berasal dari Wuhan, China pada bulan Desember 2019. Lalu pada awal Januari, WHO sudah mengidentifikasi virus tersebut sebagai Novel Coronavirus atau 2019-nCoV, kemudian pada Februari WHO mengumumkan nama resmi virus ini adalah COVID-19.

Menyoal adanya pandemic virus corona ini, Sekretaris Komisi 4 DPRD Jawa Barat, Buky Wibawa Karya Guna, menghimbau masyarakat untuk tidak panik. Namun juga Buky menekankan supaya masyarakat mulai belajar membiasakan pola hidup disiplin dalam masalah kesehatan.

Dalam kunjungannya ke sejumlah tempat di dapil Jabar-1 (Kota Bandung dan Cimahi), pada 19-25 Maret lalu, didapat sejumlah informasi dari masyarakat dan aparat pemerintah setempat.

Ada lima titik wilayah yang dikunjungi Buky Wibawa, yakni Kleurahan Cigadung Kecamatan Cibeunying Kota Bandung, Kelurahan Turangga Kecamatan Lengkong Kota Bandung, Kelurahan Cihapit Kecamatan Bandung Wetan Kota Bandung, Kelurahan Kujangsari Kecamatan Bandung Kidul Kota Bandung, dan Kelurahan Cipageran Kecamatan Cimahi Utara Kota Cimahi.

Langkah-langkah yang sudah dilakukan oleh pemerintah, yakni dengan terus melakukan sosialisasi dan kordinasi dengan para RT dan RW serta tokoh masyarakat, supaaya memiliki kesadaran tinggi untuk mengikuti himbauan tinggal di rumah, work from home, menjaga jarak, menggunakan masker, hingga sering mencuci tangan dengan sabun.

Selanjutnya bersama aparat dan masyarakat berupaya melakukan pencegahan penyebaran covid-19 dengan aksi penyemprotan disinfektan.

“Dalam kunjungan ke masyarakat, kita pantau sejumlah langkah pemerintah dan masyarakat dalam mengantisipasi penyebaran virus ini. Pemerintah dan masyarakat terus melakukan kerjasama dan kordinasi dengan semua pihak,” ujar Buky kepada elJabar.com.

Ada sejumlah permasalahan hasil dari pantauan Buky Wibawa saat kunjungan ke lapangan. Masih banyak masyarakat yang tidak mengindahkan himbauan dari pemerintah dan upaya meminimalisir penyebaran virus corona ini.

“Saya berharap masyarakat bisa memahami dan menyadari kondisi ini. Ini untuk kepentingan kita bersama. Maka sudah sewajarnya masyarakat patuh terhadap himbauan positif dari pemerintah ini,” harapnya.

Selanjutnya data yang di dapat menurut Buky Wibawa, Kota Cimahi yang hanya berjumlah tiga kecamatan, terdapat 30 orang yang dalam setatus ODP. Dan 13 orang berada di wilayah Kelurahan Cipageran. Sementara untuk Kelurahan Cigadung Kecamatan Cibeunying Kaler Kota Bandung ada tiga orang yang status ODP.

Secara umum informasi yang didapat dari Lurah maupun Ketua RW, masyarakat mengharap ada bantuan APD, seperti masker dan penyemprotan disinfektan secara berkala.

Selain itu menurut Buky Wibawa yang juga Anggota Fraksi Partai Gerindra DPRD Jabar ini, juga akibat himbauan harus tetap di rumah, banyak masyarakat terdampak mengeluhkan kesulitan ekonomi, sehingga perlu ada solusi secepatnya dari pemerintah.

“Ini yang akan kita terus dorong kepada pemerintah juga, untuk secepatnya mencari solusi terbaik bagi masyarakat,” pungkasnya. (muis)

Categories: Pemerintahan