MENOLAK LUPA: BOS & RKB Jadi Ladang Pungli Oknum Pejabat SMP, APH Tidak Berani Bertindak? - El Jabar

MENOLAK LUPA: BOS & RKB Jadi Ladang Pungli Oknum Pejabat SMP, APH Tidak Berani Bertindak?

BANDUNG, eljabar.com – Hingga wabah virus corona atau Covid-19 merebak, Rabu, 6 Mei 2020 kita harus “menolak lupa” peristiwa pungutan liar (pungli) tahun 2016 yang diduga dilakukan oleh oknum pejabat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung Provinsi Jawa Barat, tidak pernah ditindak APH (Aparat Penegak Hukum)?

Diantaranya, oknum pejabat bagian SMP berurusan dengan penegak hukum di Jakarta, belakangan di Gugus 07 Kab. Bandung terindikasi ada pengkondisian alias pungli dana bantuan operasional sekolah (BOS) per siswa Rp 6.000,- lebih. BOS tahun 2016 oknum penikmat uang negara yang notabene guna mensukseskan wajib belajar 9 tahun SD hingga SMP. Sayang kasus itu luput dari perhatian aparat penegak hukum (APH), seperti dikutif SKI Patroli.

Masih di tahun 2016, berawal dari BOS Juli, Agustus dan September 2016 yang cair setengahnya, sisanya cair di bulan September. Namun tiba-tiba di Gugus 05 Kab. Bandung terindikasi ada pengkondisian uang melalui oknum kepala sekolah sebagai pengepul dana senilai Rp. 7,5 juta, lagi-lagi APH tutup mata?

Di tahun yang sama, saat sarana prasarana (sapras) HUS diduga ada pertemuan dengan kepala sekolah menengah negeri dan swasta di rumah makan Rencong Kab. Bandung, menjanjikan bantuan rehab atau laboratorium (Lab) diduga dihargai Rp 5 juta yang disetorkan kepala sekolah raib, disinyalir dimakan oknum. Hingga pandemik Covid-19 Mei 2020, kasus dugaan pungli yang melibatkan oknum pejabat SMP sebelumnya, APH tak berani mengusut, ada apa?

*A56

Categories: Pendidikan