Sekda Sumedang Imbau Jajaran Pemerintah Kecamatan dan Desa Tingkatkan Kinerja - El Jabar

Sekda Sumedang Imbau Jajaran Pemerintah Kecamatan dan Desa Tingkatkan Kinerja

SUMEDANG, eljabar.com — Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Herman Suryatman memberikan arahan kepada jajaran Pemerintah Kecamatan Situraja serta seluruh kepala desa (Kades) dalam kegiatan Akselerasi Evaluasi SAKIP Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumedang Tahun 2020 bertempat di Aula Kecamatan Situraja, Rabu (1/7/2020).

Dalam arahannya Sekda menekankan pentingnya menurunkan angka kemiskinan dan stunting.

“Tidak boleh ada satupun kasus stunting di desa. Camat dan Kades harus mempunyai tanggung jawab dalam menekan angka stunting. Dana desa harus dialokasikan dengan baik untuk menurunkan angka stunting,” tukasnya.

Sekda juga mengingatkan jajaran pemerintah kecamatan dan desa untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan langsung kepada masyarakat.

“Dalam melaksanakan kerja atau tugas di pemerintahan semuanya harus berorientasi hasil serta ada output dan outcome-nya. Dalam arti ada dampaknya, ada hasilnya dan ada tindaklanjutnya. Contohnya dalam melaksanakan pembinaan kepada para petani harus dihasilkan panen yang banyak sehingga menguntungkan para petani,” ujarnya.

Sekda menjelaskan bahwa penerapan SAKIP seperti ibarat permainan bola dimana tujuan utamanya ialah mencetak “goal” agar dapat memenangkan pertandingan.

“Penerapan SAKIP kita ibaratkan dengan permainan bola, total football. Yang harus dilakukan adalah permainan yang terpimpin, faham aturan main, stamina prima, menguasai lapangan, kerjasama tim, ada umpan terobosan, berani mengeksekusi dan mengambil resiko, pertahanan terbaik adalah menyerang, pemain bek sekali-kali ikut menyerang, striker sekali-kali ikut bertahan, tak lupa bermain cantik itu penting serta yang lebih penting adalah mencetak gol sehingga ada orientasi hasil,” ungkapnya.

Sekda menambahkan, dalam menjalankan tugas atau memulai pekerjaan baik Camat dan maupun Kades harus memegang prinsip bersih dari KKN.

“Yang terpenting adalah jangan memperkaya diri sendiri, jangan memperkaya orang lain dan jangan merugikan keuangan negara,” ucapnya. (Abas)

Categories: Pemerintahan