Evaluasi SAKIP Sumedang, Erwan Minta Suasana Kerja Dengan Rasa Kekeluargaan - El Jabar

Evaluasi SAKIP Sumedang, Erwan Minta Suasana Kerja Dengan Rasa Kekeluargaan

SUMEDANG, eljabar.com — Wakil Bupati Sumedang H Erwan Setiawan memberikan arahan pada kegiatan Akselerasi Evaluasi SAKIP Perangkat Daerah Tingkat Kecamatan di Tomo dan Ujungjaya, bertempat di aula masing-masing kantor kecamatan, Kamis (02/07/2020).

Wabup mengatakan, hampir semua nilai SAKIP di kecamatan pada Tahun 2018  masih terbilang rendah. Namun, ia optimistis bahwa hasil Tahun 2019 akan lebih baik.

“Saya dapat informasi dari Inspektorat bahwa untuk Tahun 2019 terdapat kemajuan yang sangat pesat. Kecamatan Ujungjaya yang Tahun 2018 hanya 28, diperkirakan pada Tahun 2019 sudah 53,” ucapnya.

Namun demikian, Wabup berharap agar jangan cepat berpuas diri karna hasil itu masih jauh dari target.

“Rata rata SAKIP di Kabupaten Sumedang nilainya 67. Hampir semua kecamatan kelemahannya rata-rata dari segi perencanaan yakni di bawah 40 %,” ujarnya.

Erwan mengungkapkan, dengan pemberian arahan dan motivasi yang dilakukan oleh pimpinan diharapkan masing-masing kecamatan mengetahui dimana titik kelemahannya sehingga SAKIP ke depan akan lebih baik lagi.

“Perencanaan ini minimal 90%. Berangkat dari perencanaan yang baik, otomatis yang lainnyapun mengikuti. Kalau perencanaan di atas 90%, rata ratanya bisa di atas 70%,” ungkapnya.

Wabup mengutarakan, SAKIP juga akan meningkat dengan sendirinya apabila Indikator Kinerja Individu meningkat.

“Meningkatnya Indikator Kinerja Individu otomatis akan berimbas pada raihan instansi dimana individu itu bekerja. Jadi kembalikan kepada individu masing-masing,” tegasnya.

Wabup pun menyampaikan kiat bagaimana meningkatkan kualitas individu sehingga dapat mendongkrak Indikator Kinerja Individu.

“Pertama kejujuran. Jujur pada diri sendiri dan juga atasan. Kedua kedisiplinan. Harus biasakan disiplin terutama masalah waktu. Jangan menyepelekan ketika kita diberi tugas. Kemudian membuat target capaian sasaran kinerja kita seperti apa. Kita buat target berapa lama akan selesai,” tuturnya.

Erwan juga meminta agar membuat suasana kerja yang penuh dengan rasa kekeluargaan.

“Buat kita menjadi orang yang menyenangkan di lingkungan kerja kita. Ini adalah kunci menuju kesuksesan ke depan,” pungkasnya. (Abas)

Categories: Pemerintahan