KLHK Kembali Serahkan Bantuan Fasilitas Pengolahan Sampah Kepada Pemkab Sumedang - El Jabar

KLHK Kembali Serahkan Bantuan Fasilitas Pengolahan Sampah Kepada Pemkab Sumedang

SUMEDANG, eljabar.com — Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang kembali mendapatkan bantuan fasilitas pengolahan sampah dari Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Selasa (07/07/2020).

Penyerahan bantuan dilaksanakan secara virtual di Gedung Negara, ditandai dengan penandatanganan MoU antara Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir dengan Dirjen PSLB3 KLHK Rosa Vivien Ratnawati tentang Biodigester.

Dalam kesempatan tersebut, dilangsungkan pula penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara Kepala Dinas LHK Yosep Suhayat dengan Direktur Pengelolaan Sampah KLHK Novrizal Tahar.

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad  Munir menuturkan, bantuan penyediaan fasilitas pengelolaan sampah di Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum berupa Biodigester yang berlokasi di Desa Sukasari Kecamatan Sukasari tersebut memiliki kapasitas 1 ton sampah perhari.

Setelah fasilitas biodigester selesai dibangun, kata bupati, nantinya akan digunakan sebagai pengolahan sampah organik yang hasilnya dapat dimanfaatkan oleh warga untuk keperluan sehari-hari.

“Kita akan membangun sebuah fasilitas tempat pembuangan dan pengolahan sampah organik sehingga menghasilkan biogas, kapasitasnya 1 ton perhari. Biogas ini nantinya akan dimanfaatkan oleh masyarakat untuk bahan bakar, penerangan dan lain sebagainya,” ungkapnya.

Dikatakan Bupati, bantuan tersebut sangat bermanfaat dalam rangka pengurangan sampah dan pengolahan sampah.

“Sebagai daya dukung terhadap program ini, pemerintah daerah sudah menyiapkan lahan, kajian lingkungan, biaya operasional dan  badan hukum yang akan mengelolanya,” ujarnya.

Selain itu, ia pun secara khusus telah menugaskan Dinas Lingkungan Hidup Kehutanan (DLHK) Kabupaten Sumedang untuk mengawal pembangunan proyek sampai selesai sehingga dapat berhasil guna, berdayaguna dan berfungsi secara kontinyu.

“Sekitar 5 bulanan selesai. Begitu selesai, saya sudah minta DLHK mengoperasikan biodigester ini untuk kemanfaatan masyarakat di Kabupaten Sumedang,” pungkasnya.

Turut hadir mendampingi Bupati, Kepala Diskominfosanditik Iwa Kuswaeri dan para Kepala Bidang di Lingkungan DLHK. (Abas)

Categories: Pemerintahan