IKOPIN Matangkan Kerjasama Dengan Pemkab Sumedang - El Jabar

IKOPIN Matangkan Kerjasama Dengan Pemkab Sumedang

SUMEDANG, eljabar.com — Institut Manajemen Koperasi (IKOPIN) Jatinangor Sumedang melaksanakan audiensi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang di Ruang Kerja Wakil Bupati Komplek IPP Setda Kabupaten Sumedang, Senin (13/7/2020).

Rombongan yang dipimpin oleh Dr. Tridagunadi selaku Direktur Managemen Magister IKOPIN diterima Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan yang didampingi oleh unsur  Diskop UMKM Indag, Disparbudpora, BKPSDM, dan Bagian Kerja Sama Setda.

Pertemuan tersebut  merupakan tindak lanjut dari MoU sebelumnya yang ditandatangani Rektor IKOPIN dengan Bupati Sumedang tentang bidang-bidang yang dikerjasamakan berkaitan dengan kompetensi  perguruan tinggi IKOPIN dalam hal pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Dr. Trida mengatakan bahwa dalam konteks pendidikan, IKOPIN telah melakukan konsolidasi dengan BKPSDM sehingga terjadi kesepahaman dengan harapan agar para ASN dapat meningkatkan kualifikasi profesionalitas dalam menjalankan tugas sesuai dengan bidangnya.

Dikatakan lebih lanjut, berkaitan dengan kegiatan penelitian, karena IKOPIN berada di wilayah Kabupaten Sumedang, diharapkan kajian-kajian penelitian yang dilaksanakan  bisa memberikan kontribusi terhadap kemajuan pembangunan di Kabupaten Sumedang.

“Untuk kegiatan penelitian, tentu kajian-kajian yang terkait dengan sejauh mana kontribusi terhadap Sumedang. Karena kami berada di Sumedang, maka diarahkan agar Sumedang bisa lebih baik dan lebih maju lagi,” ungkapnya.

Dalam konteks pengabdian masyarakat,  sesuai kompetensi dan core yang dibawa, pihaknya telah menyampaikan beberapa konsep untuk menjadikan desa sebagai basis ekonomi.

Menurutnya, pasca merebaknya Covid-19, desa menjadi penyangga utama ekonomi, maka optimalisasi aset desa oleh masyarakat perlu dikembangkan.

“Konsep Based Community Development ini bisa menjadi fokus utama kita dalam memberdayakan masyarakat, baik melalui kelembagaan, kelompok swadaya, koperasi, dan Bumdes. Yang penting semuanya berorientasi memperlakukan masyarakat desa sebagai subjek dan objek pembangunan,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan menyampaikan apresiasi kerja sama yang dibangun dan menanggapi secara positif berbagai masukan yang disampaikan oleh pihak IKOPIN kepada pemerintah daerah mengenai pembangunan Kabupaten Sumedang ke depan.

Ia mengatakan, program yang akan dikerjasamakan merupakan salah satu wujud tanggungjawab dan rasa memiliki IKOPIN terhadap Kabupaten Sumedang khususnya berkaitan dengan pembangunan bidang koperasi, pariwisata dan budaya di Kabupaten Sumedang.

“Karena IKOPIN merasa bagian dari Sumedang, maka ada beberapa yang akan kita kerjasamakan, perekonomian, perkoperasian, pariwisata dan budaya sebagai tindak lanjut MoU dengan berbagi pengalaman dan masukan pemerintah daerah kabupaten Sumedang,” ungkapnya.

Melalui program kerja sama yang akan dilaksanakan, diharapkan hal ini dapat menggerakkan dan memberdayakan masyarakat sehingga dapat berimplikasi terhadap optimalisasi seluruh potensi sumber daya yang ada di Kabupaten Sumedang. (Abas)

Categories: Pendidikan