Sebelum Dikurbankan, Hewan Kurban di Sukabumi Ikuti Fashion Show Bertemakan Covid-19 - El Jabar

Sebelum Dikurbankan, Hewan Kurban di Sukabumi Ikuti Fashion Show Bertemakan Covid-19

SUKABUMI, eljabar.com — Budaya kontes fashion show domba yang dilaksankan oleh Pondok Pesantren Al-Fatah Sukabumi menjadi salah satu rangkaian kegiatan disaat Idul Adha. Kegiatan tersebut tentunya menjadi daya tarik seluruh warga Sukabumi. Pasalnya, sebelum di kurbankan, domba tersebut ikut dilombakan dalam fashion show.

Menariknya di Idul Adha tahun ini, Domba yang ikut kontes itu berkaitan dengan pandemi covid-19. Dimana domba yang di rias tidak jauh dengan tema covid-19 tersebut.

“Kegiatan tersebut merupakan budaya yang dilakukan oleh pesantren yang di pimpinnya, dimana hewan-hewan kurban titipan jemaah sebelum di sembelih dan didistribusikan, puluhan domba tersebut di lombakan dikegiatan Qurban Festival. Dan festifal tersebut sudah menjadi budaya kami,” Pimpinan Ponpes Dzikir Al-Fath, KH. M. Fajar Laksana, Sabtu (01/08/2020).

Fajar menambahkan, tema yang diusung Corona (Covid-19) tersebut, tidak lain adalah memberikan pesan kepada masyarakat. Seperti salah satu peserta Lomba, mereka menulsikan di dombanya tetaplah pakai masker, dan ada juga yang bertuliskan rindu pesantren dan sekolah.

“Domba itu dihias, dipakai baju dan berjalan memutar penonton dengan memebawa pesan tentang protokol kesehatan. Dan ini juga salah satu bentuk kami dalam mendukung pemerintah untuk memutus rantai penyebaran corona tersebut,” tutur Fajar.

Berakaitan dengan qurban, Fajar mengungkapkan, jika pontrenya menyembelih 1 ekor Sapi dan 14 Domba. Dalam pelaksanaan qurban, pihaknya tetap menerapkan protokol Kesehatan, wajib menggunakan masker, physical distancing dan selalu bercuci tangan dengan sabun yang disediakan diarea pesantren. (Anne)

Categories: Kronik