GBB Taklukkan Tanjakan Curug Sindulang Sumedang - El Jabar

GBB Taklukkan Tanjakan Curug Sindulang Sumedang

BANDUNG, eljabar.com – Teriknya matahari tak menyurutkan semangat gowes puluhan anggota komunitas Gowes Baraya Bandung (GBB). Jengkal demi jengkal jalur mereka lintasi demi menaklukan rute yang telah ditentukan.

Gowes atau bersepeda sendiri menjadi salah satu alternative mereka demi meraup kesehatan ditengah pandemic virus corona. Dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan, puluhan pesepeda ini pun bertekad menaklukan tanjakan Curug Sindulang di Desa Sindulang, Kecamatan Cimanggung, Sumedang, Minggu (02/08/2020).

Panasnya mentari di pagi hari menjadi tantangan bagi mereka. Setelah memulai perjalanan, tak terasa mentari pagi hari yang diyakini baik untuk kesehatan menjadi ‘lahapan’ bagi sekitar 30 anggota GBB itu.

Mereka mengambil start di rest area Ampera Parakanmuncang Kecamatan Cimanggung. Seluruh anggota GBB tampak kompak dengan dikomandoi Penasehat GBB Koordinator Wilayah (Korwil) Bandung Timur, Luddy Sutedja.

Luddy menjelaskan, GBB terbuka bagi siapa saja pecinta sepeda yang ingin bergabung dan berperilaku hidup sehat. Kegiatannya pun selain berolahraga sepeda juga mengeskplore potensi wisata alam dan track bersepeda sekitar Bandung dan Sumedang.

“Tagline kami forever expand the circle of ideas. Intinya yang muda-muda maju bersama, seniornya mengawasi, mengamati, dan menasehati,” jelas Luddy sebelum berangkat.

Luddy menjelaskan, selain karena hobi, kemacetan lalu lintas, lingkungan dan polusi udara yang kian memburuk, menjadi alasan bagi mereka semakin mencintai olahraga bersepeda dan bergabung dalam sebuah komunitas. Apalagi, ditengah pandemi korona, aktivitas lebih banyak di rumah sehingga bersepeda bisa menghilangkan stres.

“Komunitas ini berawal dari hobi bersepeda. Sebagai bentuk komitmen dalam kampanye bebas polusi hampir semua member GBB aktif bersepeda dan memberikan pesan kepada masyarakat untuk giat bersepeda sebagai solusi mengurangi kemacetan, mengurangi polusi serta budaya hidup sehat,” jelasnya.

Penjabat Kabag Umum PT Kahatex menambahkan, sebagai penasehat ia juga memberikan arahan, agar seluruh anggota komunitas GBB ini tak hanya sekedar bersepeda dan menyalurkan hobi, namun mampu memberikan kontribusi positif bagi masyarakat luas.

“Kita juga bisa mengeksplore wisata Sumedang sebagai destinasi wisata ke pecinta sepeda di Bandung. Contoh kita sudah menjajal Jalan Lingkar Timur Jatigede, Margawindu Sumedang, Pangalengan, Pangandaran, Cijapati dan rutin tiap minggu ke Kirpay Jatinangor,” jelasnya.

Bahkan, track terjauh ke Pangandaran, Lombok, Bali dengan sistem loding pernah dilakukannya. Dan yang terbaru, kata dia, akan ke Gunung Bromo star dari Kahatex dan terdekat ke Majalengka.

“Anggota GBB ini selain karyawan Kahatex, juga ada dari Dinas Lingkungan Hidup Sumedang, kalangan masyarakat biasa dan pecinta olahraga. Kita tampung mereka semua yang satu hobi bersepeda,” pungkasnya. (Abas)

Categories: Olahraga