Forum UMKM Dukung Visi Misi Kabupaten Sumedang untuk Maju dan Sejahtera - El Jabar

Forum UMKM Dukung Visi Misi Kabupaten Sumedang untuk Maju dan Sejahtera

SUMEDANG, eljabar.com — Forum Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Sumedang akan mendukung Visi Misi Kabupaten Sumedang guna menjadikan Sumedang lebih maju dan sejahtera.

Hal tersebut dikatakan Ketua Forum UMKM Sumedang Teguh Johansyah saat beraudiensi dengan Bupati Sumedang Dr. H. Dony Ahmad Munir, di Gedung Negara, Kamis (13/08/2020).

“Memajukan Kabupaten Sumedang menjadi prioritas bagi kami. Melalui forum ini pegiat UMKM dari berbagai komunitas di seluruh Kabupaten Sumedang bisa masuk di dalamnya,” ucapnya.

Dikatakan Teguh lebih lanjut, dalam waktu dekat UMKM sendiri akan mendapatkan bantuan dari kementerian dan pemerintah daerah.

“Bantuan dari Kabupaten yaitu berupa bantuan alat yang akan ditargetkan untuk 295 orang UMKM. Datanya sesegera mungkin akan kami sampaikan kepada Bappppeda,” ungkapnya.

Teguh juga menyampaikan bahwa saat ini sudah terbentuk koordinator UMKM di 26 Kecamatan se-Kabupaten Sumedang.

“Setiap koordinator kecamatan nantinya akan melakukan pendataan pelaku UMKM di wilayahnya, lalu data tersebut akan disampaikan kepada Bapppeda,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati mengatakan, Pemkab Sumedang akan menyiapkan galeri UMKM di lingkungan Induk Pusat Pemerintahan (IPP).

“Galeri UMKM nantinya harus diisi dengan produk hasil UMKM dari 26 kecamatan yang ada di Sumedang dengan harapan mampu meningkatkan penghasilan para penggiat UMKM itu sendiri,” ungkapnya.

Bupati juga berharap Forum UMKM mampu melindungi dan mensejahterakan anggotanya.

Menurutnya, kemandirian dari jiwa kewirausahaan harus tetap di terapkan.

“Sebagai bentuk keseriusan, pemerintah daerah menyediakan galeri di IPP untuk menampilkan hasil UMKM terbaik agar bisa berlangsung transaksi di galeri yang disediakan tersebut. Adanya galeri UMKM di setiap kecamatanĀ  merupakan bukti kemandirian sebelum pemerintah memfasilitasi, ” jelasnya.

Menurut Bupati, dengan diberikannya wadah untuk galeri UMKM diharapkanĀ  semakin mampu mengembangkan dan memberi dampak besar bagi setiap pelaku UMKM.

Selain itu, setiap produk yang dibuat sudah jelas pasarnya dan mampu merangkul pedagang kecil yang terdampak Covid.

“UMKM butuh pelatihan untuk meningkatkan kompetensi. Forum UMKM harus merangkul pedagang kecil dengan didata dan dipetakan agar tetap memiliki penghasilan serta dibantu dan mendapat arahan,” pungkasnya. (Abas)

Categories: Regional