Sambut HUT Kemerdekaan RI Ke-75, Bupati Sumedang Apresiasi "Desa Butuh Lo Sob!" - El Jabar

Sambut HUT Kemerdekaan RI Ke-75, Bupati Sumedang Apresiasi “Desa Butuh Lo Sob!”

SUMEDANG, eljabar.com — Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia, Forum Putra Daerah Membangun dan KPG Gramedia menerbitkan buku berjudul “Desa Butuh Lo Sob!” yang sudah tersebar di seluruh Toko Buku Gramedia se-Indonesia.

Hal itu disampaikan oleh Koordinator Umum Forum Putra Daerah Membangun, Reza Zaki, yang juga putra daerah Kabupaten Sumedang asal Kecamatan Ganeas di hadapan Bupati Sumedang, H. Dony Ahmad Munir di Gedung Negara, Rabu (12/08/2020).

Menurut Zaki, buku hasil karyanya tersebut membahas soal komunitas kewirausahaan sosial dalam membangun desa.

“Buku ini merupakan buku yang membahas kewirausahaan sosial terlengkap di Indonesia sampai saat ini,” ucapnya.

Zaki juga mengatakan forum putra-putri daerah sudah tersebar di 34 provinsi dimana mereka bergerak untuk membangun kampung halamannya.

“Sudah ada 1 juta orang di Indonesia yang menerima dampaknya dan sudah mendapatkan penghargaan nasional dan internasional. Kebetulan sekali saya (Zaki) putra daerah asli Ganeas Sumedang sebagai koordinatornya,” ujarnya.

Zaki meyakini bahwa anak muda Sumedang bisa berkarya membangun kampung halamannya, salah satunya dengan menulis buku yang bermanfaat bagi pembangunan desa di Indonesia.

“Di buku ini dibahas tentang kewirausahaan sosial, artinya bagaimana suatu komunitas atau perangkat desa berfikir menjadi arsitek ekonomi. Contohnya BUMDes, jangan hanya monoton pada program-program tertentu tapi harus ada loncatan berfikir,” tukasnya.

Sementara itu, Bupati sangat mengapresiasi terkait peluncuran hasil karya buku tersebut.

“Buku ini berisi tentang rangkuman pengalaman para putra daerah yang berkarya demi desanya sendiri, bahkan telah mendapat pengakuan dari tingkat nasional dan internasional,” ungkapnya.

Bupati juga meminta para pemerintahan desa, birokrat, dan para pemuda untuk membaca buku terbitan Gramedia tersebut.

“Dengan membaca buku ini diharapkan pembacanya bisa terinspirasi dan membuat inovasi di desanya masing-masing,” harapnya. (Abas)

Categories: Kronik