Sidang RTH Kota Bandung Memanas, Herry dan Kadar Terlibat Insiden - El Jabar

Sidang RTH Kota Bandung Memanas, Herry dan Kadar Terlibat Insiden

Bandung, matakota.com — Sidang lanjutan Kasus Korupsi Ruang Terbuka Hijau (RTH) Tahun Anggaran (TA) 2012-2013 di Ruang I Kusumah Admadja PN Tipikor Bandung (12/8/2020), diwarnai insiden dua orang terdakwa Herry Nurhayat dan Kadar Slamet.

Bermula dari kesaksian Dodo yang menyebut telah memberikan uang Rp 2,5 miliar untuk terdakwa Herry Nurhayat di Kantor Bagian Aset DPKAD Pemkot Bandung. Uang tersebut merupakan bagian dari keuntungan Rp 9,5 miliar yang diperoleh group makelar bentukan Kadar Slamet dari pengadaan lahan RTH Cisurupan Cibiru TA 2012.

Dodo juga menyebut, tidak lama setelah realisasi pencairan RTH Cisurupan, melihat terdakwa Herry Nurhayat mengambil sejumlah uang di kediaman Kadar Slamet Jalan Cilengkrang Kota Bandung.

Saat memasuki istirahat persidangan sekitar pukul 19.00 WIB, secara tidak disengaja Herry bertemu dengan Kadar Slamet yang saat itu sedang berbincang dengan beberapa wartawan.

Herry pun langsung mengumbar kemarahannya kepada Kadar Slamet yang dinilainya sengaja mengatur keterangan saksi Dodo memfitnah dirinya.

“Jangan fitnah kamu! Jangankan terima uang, melihat muka dia ajah (Dodo-red) belum pernah,” ujar Herry, sambil tangannya menunjuk ke arah wajah Kadar Slamet.

Kadar yang saat itu langsung berdiri dari tempat duduknya sempat menimpali umpatan Herry. “Kenapa marah ke saya, itu kan keterangan saksi. Pakai nurani saja,” kata Kadar.

Mendengar itu, intonasi suara Herry makin mengeras. “Itu saksi kan saudara kamu, sudah kamu atur. Saya akan proses itu saksi, saya laporkan ke polisi,” timpal Herry.

Beruntung petugas tahanan dari KPK segera membawa Kadar Slamet ke luar ruangan. Dalam beberapa saat, terlihat emosi Herry masih meninggi meski Kadar Slamet sudah tidak ada dalam ruangan yang sama.

Saat usai sidang, petugas memisahkan kendaraan yang akan membawa terdakwa Herry Nurhayat, Kadar Slamet dan Tomtom Dabul Qomar, kembali ke Lapas Sukamiskin. Kadar menaiki kendaraan Avanza warna silver,  sedangkan Herry dan Tomtom menaiki kendaraan khusus tahanan berwarna hijau. *rie

Categories: Hukum