Wakil Bupati Sumedang Peringati HUT Pramuka Ke-59 di Kampung Ladang Desa Margalaksana - El Jabar

Wakil Bupati Sumedang Peringati HUT Pramuka Ke-59 di Kampung Ladang Desa Margalaksana

SUMEDANG, eljabar.com — Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan  memimpin Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Pramuka ke-59 yang berlangsung di Kampung Ladang Desa Margalaksana, Kecamatan Sumedang Selatan, Jum’at (14/08/2020).

Upacara HUT Pramuka digelar secara terbatas karena masih dalam situasi pandemi corona. Meski sempat diguyur hujan, kegiatan dilaksanakan dengan khidmat dan lancar diikuti oleh seluruh gerakan pramuka di tiap tingkatan di Kabupaten Sumedang.

Upacara dirangkaikan dengan pemberian penghargaan Lencana Dharma Bakti kepada para anggota pramuka yang telah menyumbangkan tenaga dan pikirannya dalam pembinaan dan pengembangan gerakan pramuka di Kabupaten Sumedang.

Peringatan HUT pramuka ke-59 tahun ini mengangkat tema “Peran Gerakan Pramuka Ikut Membantu Dalam Penanggulangan Bencana Covid-19 dan Bela Negara”. Tema ini merupakan perwujudan kepedulian gerakan pramuka untuk ikut membantu menangulangi covid-19.

Wabup Erwan mengatakan, dimasa pandemi saat ini, pembinaan dan pelatihan pramuka masih dilaksanakan secara terbatas. Meski demikian, kata Wabup, animo masyarakat khususnya generasi muda terhadap gerakan pramuka masih sangat tinggi.

Menurutnya, hal ini bisa dilihat dari jumlah anggota pramuka atau pandu dunia. Dari anggota Pramuka atau pandu dunia, kata Wabup, setengah anggotanya merupakan berada di Negara Indonesia.

“Alhamdulillah, animo masyarakat sangat besar, jumlah anggota pramuka sekitar 54 juta, di Indonesia sendiri ada 25 juta anggota. Jadi hampir setengahnya anggota sedunia ada di Indonesia,” ungkap Wabup.

Lebih lanjut ia menuturkan, dimasa pandemi saat ini, para pelatih dan pembimbing bisa lebih mempersiapkan diri dan terus mengasah kemampuan sehingga eksistensi pramuka semakin dirasakan oleh masyarakat.

Ia pun memberikan motivasi, agar seluruh anggota Pramuka di Kabupaten Sumedang  tetap semangat dan tetap optimis dalam menghadapi situasi pandemi covid saat ini.

“Saya berharap, jangan patah semangat, dalam situasi pandemi ini kita tetap optimis bisa melaluinya. Insya Allah dalam beberapa bulan kembali normal. Semoga gerakan pramuka semakin baik lagi dan keberadaannya semakin dirasakan oleh masyarakat,” harap Wabup. (Abas)

Categories: Pendidikan