Bupati Sumedang Gelar Zoom Meeting Penanganan Konflik Sosial Bersama 15 Instansi Terkait - El Jabar

Bupati Sumedang Gelar Zoom Meeting Penanganan Konflik Sosial Bersama 15 Instansi Terkait

SUMEDANG, eljabar.com — Konflik merupakan proses sosial yang pasti terjadi di tengah-tengah masyarakat yang dinamis, bahkan bisa dialami oleh siapa saja pada berbagai lapisan sosial masyarakat akibat kesalahpahaman antara individu atau kelompok masyarakat.

Dalam rangka mewaspadai timbulnya konflik di masyarakat, Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang melalui Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menggelar Zoom Meeting Penanganan Konflik Sosial bersama Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir dari Ruang Tengah Gedung Negara, Rabu (19/08/2020).

Zoom Meeting diikuti 15 perangkat daerah dan instansi vertikal yang tugas dan wewenangnya berkaitanĀ  langsung dengan penanganan konflik.

Dalam Zoom Meeting tersebut, Kepala Kesbangpol Asep Tatang Sujana selaku panitia penyelenggara menyebutkan, tujuan dari pertemuan tersebut adalah untuk menangani konflik sosial serta memelihara dan menjaga kondusivitas Kabupaten Sumedang melalui Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial Kabupaten Sumedang.

“Tujuannya memelihara kondisi damai dan harmonis dalam hubungan sosial kemasyarakatan, meningkatkan tenggang rasa dan toleransi dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara,” katanya.

Ditambahkan Kepala Kesbangpol, kegiatan tersebut juga dimaksudkan untuk menciptakan kehidupan masyarakat yang aman, tenteram, damai, dan sejahtera.

“Selain itu, untuk memelihara keberlangsungan fungsi pemerintahan, melindungi jiwa, harta benda, serta sarana dan prasarana umum, memberikan pelindungan dan pemenuhan hak korban serta memulihkan kondisi fisik dan mental masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati Dony Ahmad Munir mengucapkan terima kasih kepada Kesbangpol yang telah menginisiasi penyelenggaraan Zoom Meeting Penanganan Konflik Sosial.

Dikatakan Bupati, kegiatan penanganan konflik sosial melibatkan berbagai unsur meliputi TNI, Polri, Kejaksaan, Kesbangpol, serta unsur terkait lainnya dalam rangka menyatukan persepsi para pemangku kepentingan dalam mewujudkan suasana masyarakat yang aman, kondusif dan penuh kenyamanan.

“Ini ikhtiar kita bersama untuk menangani konflik sosial yang mungkin terjadi khususnya di Kabupaten Sumedang. Acara ini akan sangat berguna dalam menciptakan Sumedang yang aman, damai dan kondusif,” tutur Bupati.

Bupati juga mengimbau kepada Kantor Kesbangpol sebagai Sekretariat Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial Kabupaten yang bertugas memfasilitasi pelaporan rencana aksi penanganan konflik sosial di Kabupaten Sumedang.

“Saya berpesan agar Kesbangpol meningkatkan koordinasi dan keterpaduan antara aparatur Pemda dan instansi vertikal di daerah melalui tim terpadu penanganan konflik sosial,” katanya.

Meskipun Rakor dilakukan secara virtual, lanjut bupati, diharapkan tidak mengurangi makna dan tujuan dari kegiatan.

“Semoga forum ini mampu mengantisipasi benih-benih permasalahan yang berpotensi mengganggu kestabilan, ketertiban, keamanan, dan konflik sosial,” ujar Bupati.

Lebih dari itu, bupati berharap kegiatan Zoom Meeting diharapkan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat Kabupaten Sumedang dalam meredam konflik sosial, meningkatkan ketahanan ideologi Pancasila di lingkungan masyarakat, serta mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa.

“Saya mengajak kepada semua anggota yang tergabung dalam Tim Terpadu Penanganan KonflikĀ  untuk bersama-sama, bersatu padu, dan berperan aktif dalam melakukan antisipasi terhadap setiap ancaman dengan didasari semangat pengabdian yang tinggi, semata-mata demi terciptanya ketenteraman dan ketertibanĀ  di seluruh wilayah Kabupaten Sumedang,” ungkapnya.

Terkait dengan penanganan Covid-19, Bupati berharap seluruh dinas di Kabupaten Sumedang menjadi “Dinas Kesehatan” yang mampu mengendalikan dan menangani Covid-19, menjadi “Satpol PP” yang mampu menertibkan, dan menjadi “Diskominfosanditik” yang mampu memberikan informasi dan edukasi dalam penerapan protokol kesehatan. (Abas)

Categories: Pemerintahan