Wabup Sumedang Apresiasi Opak Oded yang Menjadi Ikon Makanan Khas Conggeang - El Jabar

Wabup Sumedang Apresiasi Opak Oded yang Menjadi Ikon Makanan Khas Conggeang

SUMEDANG, eljabar.com — Wakil Bupati Sumedang H. Erwan Setiawan, SE bersama jajaran dari Diskop UMKMPP melakukan peninjauan ke beberapa pelaku UMKM di Kecamatan Conggeang Kabupaten Sumedang, Senin (24/08/2020).

Kunjungan diawali ke pusat kerajinan makanan Opak Oded kemudian dilanjutkan ke industri kerajinan sandal di Desa Karanglayung.

Wabup mengapresiasi Opak Oded yang telah menjadi ikon makanan khas Conggeang dan Sumedang.

“Saya harap Opak Oded semakin meningkat lagi produksinya, bisa lebih mengangkat citra jajanan khas Kabupaten Sumedang,” katanya.

Wabup juga berharap agar perekonomian cepat pulih kembali, termasuk di sektor UMKM.

“Saya merasa prihatin omset Opak Oded berkurang sekitar 50 persen. Karyawan pun berkurang yang tadinya 80 orang sekarang hanya 50 orang,” ucapnya.

Ia mengungkapkan, hampir semua sektor terkena imbas dengan adanya Pandemi Covid-19 ini, terutama sektor ekonomi.

“Sektor UMKM sangat terasa sekali dengan adanya Covid-19 ini, baik omset maupun karyawan berkurang,” ujarnya.

Oleh karena itu, pemerintah mulai dari pusat, provinsi, sampai kabupaten tengah berusaha untuk membantu pemulihan ekonomi.

“Salah satu caranya ialah dengan meningkatkan perekonomian  UMKM. Sekarang pun mulai tanggal 17 Agustus 2020, sudah mulai digulirkan bantuan untuk UMKM sebesar Rp. 2,4 juta per UMKM. Syaratnya tidak sedang mengajukan kredit ke bank dan persyaratan lainnya,” tuturnya.

Wabup juga mengapresiasi kepada Alfath Nurikhsan selaku pemilik kerajinan  sandal di Karanglayung yang telah memberdayakan warga setempat sebagai karyawannya.

“Tadinya sebelum pandemi ada sekitar 50 karyawan. Sekarang hanya tinggal 24 karyawan. Mudah mudahan pandemi Covid ini cepat berakhir dan ekonomi kita segera pulih,” ucapnya.

Wabup pun menyatakan bahwa industri kerajinan sandal memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan dan bisa dipasarkan dengan lebih baik lagi.

“Sekarang produk sandal ini baru dipasarkan secara online, tetapi belum ada mereknya. Saya tadi menyarankan untuk secepatnya dibuatkan mereknya supaya punya branding tersendiri dan mempunyai ciri khas  Sumedangan juga,” terangnnya

Ia juga akan menugaskan kepada Diskop UMKMPP untuk membantu proses branding maupun pemasaranya supaya lebih dikenal lagi bukan hanya di Jawa Barat, tapi bisa seluruh Indonesia  bahkan ke negara lain.

“Salah satu home industry yang ada di Kabupaten Sumedang ini bisa jadi kebanggaan Sumedang. Mudah-mudahan bisa lebih baik lagi dan bisa merekrut karyawan di sekitaran conggean ini,” ucapnya.

Sementara itu, H. Dudang Adihana, S.E selaku pemilik usaha Opak Oded mengucapkan terima kasih atas kunjungan dan motivasi dari Wakil Bupati kepadanya.

“Mudah-mudahan kunjungan beliau memberikan motivasi bagi kami. Mungkin peningkatan promosi bagi kami karena situasi pandemi ini. Alhamdulillah kita masih bisa bertahan,” ucapnya.

Ia mengungkapkan, dampak pandemi ini membuatnya rugi ratusan juta rupiah dan  harus memikirkan nasib karyawannya.

“Jadi kita tak bisa memberhentikan karyawan begitu saja. Ada tanggung jawab sosialnya. Meskipun kita rugi, mungkin di depan ada rizki dari Allah SWT. Mudah-mudahan usaha kami terus maju,” ungkapnya. (Abas)

Categories: Pemerintahan