Gelar Unjuk Rasa ke Pemprov Jabar, Polsek Jatinangor Kawal Pemberangkatan Buruh Asal Sumedang - El Jabar

Gelar Unjuk Rasa ke Pemprov Jabar, Polsek Jatinangor Kawal Pemberangkatan Buruh Asal Sumedang

SUMEDANG, eljabar.com – Aparat Kepolisian Sektor (Polsek) Jatinangor, Polres Sumedang, Jawa Barat mengawal keberangkatan massa buruh yang akan menggelar aksi unjuk rasa di kantor Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan DPRD Jawa Barat, Selasa (25/08/2020).

“Titik kumpul SPSI Kab. Sumedang di Perum Kopkarin Desa Cintamulya, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, dan titik kumpul PEPPSI-KSN Kabupaten Sumedang di Gang Pancasila, Jl. Raya Rancaekek, Kab. Bandung. Mereka tergabung dalam Aliansi Buruh Jawa Barat (ABJ) dengan tujuan halaman Pemprov Jabar dan Kantor DPRD Jabar untuk menggelar aksi Penolakan RUU Omnibus Law Klaster Ketenagakerjaan RUU Cipta Lapangan Kerja,” jelas Kapolres Sumedang, AKBP Dwi Indra Laksmana melalui Kapolsek Jatinangor Kompol Denny.

Pantauan wartawan, kelompok buruh Kabupaten Sumedang yang melakukan aksi antara lain PEPPSI- KSN (Persatuan Perjuangan Pekerja Seluruh Indonesia-Konfederasi Serikat Nasional) dipimpin Dayat Hidayat dengan estimasi jumlah massa sekira 20 orang menggunakan sepeda motor sebanyak 15 unit, dan SPSI (Serikat Pekerja Seluruh Indonesia) Sumedang dipimpin Guruh Hudyanto (Ketua DPC SPSI Sumedang), Mujiyanto (Ketua PC SPSI Sumedang) dan Didin Syamsudin (Sekertaris PC SPSI Sumedang) dengan estimasi jumlah masa sekira 30 orang, menggunakan sepeda motor sebanyak 25 unit.

“Mereka juga menuntut untuk segera disahkannya UMK tahun 2020, kabupaten/kota yang belum di-SK-kan. Pengamanan keberangkatan buruh dipimpin saya sendiri sebagai Kapolsek Jatinangor dengan Pengendali Ipda Ardiyanto, SH (Panit 1 Lantas Polsek Jatinangor) dan kekuatan 20 orang anggota Polsek Jatinangor, 3 anggota Sat Ik Polres Sumedang, dan masing-masing 1 Intel Kodam, Korem dan Kodim,” jelasnya.

Pengawalan keberangkatan perwakilan buruh Sumedang dilakukan oleh Unit Patroli Polsek Jatinangor Polres Sumedang dengan menggunakan kendaraan dinas ranger, dari titik kumpul hingga wilayah Cileunyi, Polresta Bandung.

“Keberangkatan massa aksi dari organisasi Buruh PEPPSI-KSN, SPSI Sumedang tersebut merupakan Intruksi dari ABJ untuk menggelar aksi pada 25 Agustus 2020 baik aksi di pemda, DPRD Provinsi Jawa Barat maupun di DPR RI Jakarta,” pungkas Kompol Denny. (abas)

Categories: Regional