Bupati Berharap Sumedang Bisa Menjadi Laboratorium Hilirisasi Hasil Penelitian ITENAS - El Jabar

Bupati Berharap Sumedang Bisa Menjadi Laboratorium Hilirisasi Hasil Penelitian ITENAS

SUMEDANG, eljabar.com — Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Institut Teknologi Nasional (LPPM ITENAS) melakukan penjajakan kerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang dalam pertemuan di Gedung Negara, Kamis (27/08/2020).

Penjajakan tersebut sebagai upaya untuk memper­luas hu­bu­ngan kerja LPPM INTENAS serta membantu Pemda Kabupaten Sumedang dari sisi hilirisasi hasil riset atau penelitian untuk diimplementasikan di Kabupaten Sumedang.

Ketua LPPM ITENAS Iwan Juana mengatakan, kerja sama dilaksanakan dengan memanfaatkan potensi di tiga fakultas yang dimiliki ITENAS yaitu Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Teknik Teknologi Industri dan Fakultas Arsitektur dan Design.

Masing-masing fakultas tersebut, kata Iwan, telah melakukan berbagai aktivitas penelitian yang diimplementasikan dalam bentuk pengembangan teknologi dan produk seperti furniture dari bonggol jagung, mobil listrik, dan pelatihan bagi siswa SMK.

“Alhamdullillah, kami sudah sampaikan potensi yang dimiliki dari masing-masing fakultas. Ada beberapa rencana seperti pengembangan pariwisata dan fasilitas infrastruktur. Apa yang direncanakan disambut baik, setelah ini ada tindak lanjut berupa MoU,” katanya.

Gayung pun bersambut, tawaran kerja sama yang disampaikan oleh pihak LPM ITENAS mendapatkan respons positif dari Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir.

“Kita sudah menyanggupi. Nanti ditindaklanjuti dengan MoU sehingga penelitian dan pengabdian masyarakat nyambung dengan kebutuhan Kabupaten Sumedang,” ungkap bupati.

Melalui kerja sama tersebut, Bupati mengharapkan Sumedang bisa menjadi laboratorium hilirisasi hasil penelitian ITENAS.

Ia pun meminta agar kerja sama yang dibangun nantinya dapat disesuaikan dengan potensi dan kebutuhan daerah khususnya dalam pengembangan sektor pariwisata, lingkungan dan pengembangan infrastrutktur lainnya di Kabupaten Sumednag.

“Contohnya untuk desain home stay di desa wisata dan mendorong desa binaan tematik seperti Kampung Jagung melalui teknologi tepat guna, termasuk bank sampah dengan memberdayakan Bumdes,” ucapnya. (Abas)

Categories: Regional