Proyek Smart Village, Sejumlah Organisasi Merapat ke Pemkab Sumedang - El Jabar

Proyek Smart Village, Sejumlah Organisasi Merapat ke Pemkab Sumedang

SUMEDANG, eljabar.com, — Sejumlah organisasi yang dipelopori Yayasan Masyarakat Indonesia Emas dan beberapa BUMN melakukan kerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang kaitan pengembangan smart village, di Gedung Negara, Jumat (28/8).

Bentuk kerja sama tersebut meliputi tiga hal mengenai rencana pembangunan Sumedang menuju “happy digital region”, pengembangan potensi pariwisata dan pembangunan desa-desa di Kabupaten Sumedang.

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir menyampaikan, seperti daerah lainnya, pemda Sumedang berupaya mulai membangun dari desa. Menurutnya, pembangunan desa memiliki peranan penting dan strategis dalam pembangunan negara.

“Kalau desanya maju, pasti kecamatannya akan maju, kabupaten maju negaranya juga akan maju,” ujarnya.

Dikatakan Dony, kaitan dengan proyek percontohan smart village, rencananya akan dilaksanakan di desa di sekitar Waduk Jatigede. Desa ini, nantinya akan dijadikan sebagai contoh atau model bagi pengembangan smart village di desa-desa yang lainnya.

Pembangunan smart village ini, kata Bupati, akan dimulai dari pembangunan infrastruktur jalan, home stay, pembinaan UMKM dan Industri wisata melalui pengembangan teknologi digital e-tourism.

“Harus difollup mana yang harus didahulukan, buat time linenya, yang jelas kita mulai dari desa, baik jaringan digitalnya, kelembagaan, bisnis, akses modal, akses pasar, maupun SDM,” ungkap Bupati.

Komisaris independen PT. Telkom Prof. Marsudi Wahyu Kisworo yang juga merangkap sebagai ketua umum Yayasan Masyarakat Emas Indonesia mengatakan, pengembangan smart village di Kabupaten Sumedang dipastikan sudah dapat dilaksanakan pada tahun ini.

“Kemarin dan hari ini termasuk besok pagi kami survey, baru setelah itu kami buat rencana. Temen temen sudah siap untuk turun, kebetulan Bupati berkenan menjadikan Sumedang sebagai tempat uji coba, tentunya kami senang sekali” ungkapnya.

Dengan adanya perubahan di Kabupaten Sumedang, lanjut Marsudi, dirinya mengharapkan masyarakat Sumedang bisa memahami dan menerima perbedaan dengan banyaknya turis yang  yang nantinya akan masuk dari berbagai negara ke kawasan Jatigede.

“Masyarakat harus mulai menerima perbedaan  dan lebih terbuka. Saya yakin masyarakat Sumedang punya potensi untuk itu dan jika itu di kembangkan pastinya akan sangat dahsyat” pungkasnya.

Turut hadir,  Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Herman Suryatman, Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Hary tri Santosa, Kepala Dinas PMD Endah Kusyaman, Dirut Mitra Bumdes Edi Setyamulya dan Dekan Universitas Pancasila beserta jajaran. (abas)

Categories: Pemerintahan