Polsek Jatinangor Bina Kocima Agar Sejalan Dengan Peraturan yang Berlaku - El Jabar

Polsek Jatinangor Bina Kocima Agar Sejalan Dengan Peraturan yang Berlaku

SUMEDANG, eljabar.com – Perwira Polsek Jatinangor, Polres Sumedang IPDA Ucu Abdurahman mememberikan pembinaan sekaligus pengecekan terhadap Koperasi Senapan Angin Cipacing (Kocima), di Dusun Cikopo RT 02, RW 03, Desa Cipacing, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Rabu, 2 September 2020 sekitar pukul 10.00 WIB.

“Pembinaan tersebut salah satu upaya dalam menyampaikan imbauan kepada para pengrajin, bengkel seller melalui ketua koperasi agar mematuhi peraturan dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku, serta menghindari bujukan pihak yang tidak bertanggung jawab seperti bujukan pembuatan senpi rakitan,” jelas Ipda Ucu didampingi Ketua Kocima Desa Cipacing, Cucu Suryaman beserta anggota staf Koperasi Kocima, Regi.

Ipda Ucu menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan pembinaan Polsek Jatinangor dibawah pimpinan Kompol Denny Ginanjar S, SH, MH melalui panit intelkam untuk terus melakukan pembinaan dan menyampaika pesan kamtibmas.

“Kami berpesan agar semua tetap menjaga kodusifitas wilayah hukum Jatinangor dengan tidak memproduksi, senpi rakitan maupun senapang angin yang melanggar ketentuan peraturan yang berlaku, dan koperasi harus sehat dan berkembang,” ujarnya.

Ia meminta, pembinaan kepada para pengrajin, bengkel dan seller senapan angin Cipacing Jatinangor melalui ketua agar disampaikan kembali kepada anggota Kocima untuk mematuhi ketentuan, peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

“Pembinaan kepada para pengrajin senapan dan seller senapan angin kocima, saat ini tercatat 120 orang. Masih ada para pengrajin yang berllum bergabung dengan koperasi baik Koperasi Bina Karya maupun Kocima sebagai wadah para pengrajin, bengkel, seller senapan angina,” imbuh Ucu.

Pihaknya mengaku mendukung kegiatan positif para pengrajin dalam meningkatkan kualitas pengrajin senapan, dan melengkapi dengan surat jalan dari Polsek Jatinangor setiap pengiriman atau penjualan ke luar daerah Cipacing.

Sementara Ketua Kocima, Cucu mengatakan, atas pembinaan tersebut pihaknya menyampaikan terimakasih kepada polri.

“Harapannya, kepada Pemda Sumedang ikut membantu para pengrajin, bengkel senapan seperti kemudahan izin usaha, memberikan bantuan kepada pengrajin untuk meningkatkan produksi, pemasaran dan mesin yang modern,” harapnya.

Selain itu, Cucu berharap pihak terkait lainnya agar ikut mendorong kelancaran terbitnya izin surat keterangan pembuatan atau produksi dan pemasaran kaliber 4.5 mm dari Mabes Polri yang sampai saat ini dalam proses pengurusan.

“Kami mengajak kepada para pengrajin, bengkel dan seller agar ikut bergabung dengan koperasi sangin, sehingga memudahkan pendataan, proses perijinan dan tertib administrasi. Kemudian meninggkatkan kualitas produksi dan pemasaran serta tidak mudah terjerumus pembuatan senpi rakitan oleh pihak tidak bertanggungjawab,” pungkasnya. (Abas)

Categories: Regional