Hari Perhubungan, Dishub Kota Sukabumi Kembali Operasikan BRT - El Jabar

Hari Perhubungan, Dishub Kota Sukabumi Kembali Operasikan BRT

SUKABUMI, eljabar.com — Sudah sekian lama terparkir di halaman Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Sukabumi, keberadan Bus Rapid Transit (BRT) kembali akan dioperasikan, setelah pengajuan di APBD Perubahan tahun anggaran 2020 sebesar Rp200 juta disetujui.

“Iya, kita akan operasikan lagi BRT ini,” ujar Kadishub Kota Sukabumi Abdul Rachman, Kamis (10/09/2020).

Abdul mengatakan, rencananya pengoperasian BRT tersebut akan dilaunching tepat dengan hari Perhubungan tanggal 17 September mendatang, di Terminal Tipe C jalan Lingkar Selatan Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi.

“Kita akan launching di tanggal 17 September 2020, bertepatan dengan Hari Perhubungan,” ungkapnya.

Abdul juga menjelaskan, jika sekian lama BRT itu tidak beroperasi, bukan berati mangkrak. Hanya saja, ada beberapa proses yang harus di lalui. Diantaranya, maslah bea balik nama surat kendaraan bermotor (BBNKB) dari plat merah ke plat kuning.

“BRT ini kita terima di Januari 2019. Saat datang kondisinya masih plat merah, dan untuk dioperasikan harus dirubah dulu ke plat kuning,” bebernya.

Sedangkan proses bea balik nama tambah Abdul, baru selesai pada bulan September 2019. Tidak selesai disitu, untuk pengelolaannya harus dikordinasikan dengan perusahaan dan koperasi angkuta, seperti Damri dan lainnya.

“Itupun prosesnya tidak mudah dan tidak ditemukan jalan tengah yang baik,” pungkasnya. (Anne)

Categories: Regional