APBD Perubahan Kota Sukabumi Masih Dievaluasi Pemprov Jabar - El Jabar

APBD Perubahan Kota Sukabumi Masih Dievaluasi Pemprov Jabar

SUKABUMI, eljabar.com — Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Kota Sukabumi tahun anggaran 2020 yang saat ini tengah di evaluasi oleh Provinsi Jawa Barat (Jabar), akan ada keterlambatan diserahkan ke daerah. Sehingga akan melebihi dari jadwal yang sudah ditentukan.

Sekerataris DPRD Kota Sukabumi Asep L Sukmana mengungkapkan, keterlamabatan itu dikarenakan adanya perubahan sistem keuangannya.

Keterlamabatan ini juga, tambah Asep, bukan hanya dirasakan oleh Kota Sukabumi, melainkan seluruh kota dan kabupaten di Jabar atau bisa saja se Indonesia.

“Diketahui adanya keterlambatan tersebut, ketika para anggota dewan sedang rapat Badan Musyawarah (Banmus) tentang kegiatan tiga bulan mendatang dengan Badan Pengelolaan Keuangan Daerah, Bagian Hukum dan Bappeda. Dalam perjalanan rapat tersebut, pihak Dewan menanyakan tentang hasil evaluasi APBD Perubahan, ternyata jawaban dari salah satu peserta rapat masih di Prov. Jabar,” ucap Asep, Senin (05/10/2020).

Asep mengungkapkan, pihaknya belum bisa menanyakan ke Provinsi Jabar langsung, apalagi saat ini situasinya sedang pandemi Covdi-19. Kemungkinan, nanti dicoba lewat komunikasi lainya untuk lebih rinci informasi keterlambatan ini.

Meskipun adanya keterlambatan hasil evaluasi APBD Perubahan tahun 2020 ini, Asep memastikan tidak akan menggangu jadwal kegiatan Dewan berikutnya. Jadi, sambil menunggu hasil evaluasi gubernur turun, kegiatan dewan lainya tetap berjalan.

“Tidak menggangu ke kegiatan dewan, walaupun adanya keterlambatan hasil evaluasi gubernur terhadap APBD perubahan tersebut,” terang Asep.

Biasanya, hasil evaluasi tersebut memakan waktu kurang lebih selama 14 hari sejak draft APBD Perubahan tersebut disetujui oleh DPRD dan Pemkot SUkabumi. Mungkin, karena tahun ini situasinya berbeda ditambah dengan adanya sistem keuangan yang baru jadi agak terlambat.

“Ya, kalau melihat jadwal hasil evaluasinya sudah turun di akhir bulan September kemarin,” ujarnya.

Lebih lanjut Asep menjelaskan, setelah nanti hasil evaluasi APBD- Perubahan tersebut turun, biasanya Pemkot Sukabumi langsung menyerahkan ke pihak DPRD, jika tidak ada permasalahan langsung dibahas dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) langsung.

“Hasil Banmus juga mengatakan, jika laporan hasil evaluasi tersebut nanti diterima, langsung saja dibahas tanpa menentukan waktu dan harinya. Tapi, mudah-mudahan minggu-minggu ini hasil evluasinya sudah turun ke Kota Sukabumi,” pungkas Asep. (Anne)

Categories: Pemerintahan