Asep Kurnia dan Dudi Supardi Memantau Jalannya Pilkades Serentak di Kecamatan Jatinangor dan Cimanggung. – El Jabar

Asep Kurnia dan Dudi Supardi Memantau Jalannya Pilkades Serentak di Kecamatan Jatinangor dan Cimanggung.

JATINANGOR,eljabar.com — Upaya menjaga keamanan dan ketertiban antara sesama pendukung calon, anggota DPRD Sumedang dari Partai Golkar Asep Kurnia dan Dari PAN Dudi Supardi memantau jalannya Pilkades Serentak di Kecamatan Jatinangor dan Cimanggung. Didampingi Panitia Pilkades Kabupaten, Hersa Santosa dan Junan Junaedi Dudi Supardi menjelaskan pelaksanaan Pilkades Serentak tahun ini lebih bagus dari Pilkades Serentak tahun lalu.

Hanya saja, lanjut Dudi, pihaknya mengkhawatirkan tingkat partisipasi pemilih akan menurun, sebab, pelaksanaan Pilkades dilaksanakan di hari kerja. Idealnya, lanjut Dudi Pilkades Serentak dilaksanakan di hari libur. Atau setidaknya perusahaan yang desanya melaksanakan Pilkades agar meliburkan karyawannya.

“Yang kedua kita pantau jangan sampai terjadi gesekan-gesekan diantara para pendukung calon, oleh karena itu kita mencoba mendatangi para calon-calon kita rendam mereka kasih pengertian supaya si calon kepala desa itu bisa meredam kondisi tim suksesnya,” ujarnya.

Yang terpenting, lanjut Dudi, siapapun pemenangnya, bisa membawa desanya untuk bisa lebih maju, lebih Mandiri, lebih mapan bisa mengangkat ekonomi desanya ke arah lebih baik.

“Jatinangor Ini potensinya cukup banyak, cukup besar. Kemudian kalau kepala desa yang mumpuni pasti itu bisa dihimpun menjadi kekuatan yang ekonominya akan lebih naik. Tidak hanya mengandalkan dari DD dan ADD, tapi bisa menghasilkan dari Bumdes dan potensi yang ada,” ujarnya.

Menurut Dudi, selama tahapan Pilkades Serentak, belum ditemukan adanya pelanggaran kampanye politik uang. Hanya ada laporan masyarakat terkait pemasangan atribut dan latar belakang foto di surat suara. Selebihnya, masalah serius dewan di dapil 5 tidak menerima laporan.

“Kalau pemasangan atribut itu saya kira masalah sepele hanya ada yang memasang lebih dulu dan memasang bukan pada tempatnya. Dan sudah bisa diselesaikan oleh panitia dan BPD masing masing,” ujarnya.

Sementara itu, Asep Kurnia menambahkan selain ke Jatinangor pihaknya akan mengunjungi panitia pilkades ke Cimanggung. Sebab di Cimanggung juga ada 4 desa yang menyelenggarakan Pilkades diantaranya Cikahuripan, Sindanggalih, Sawahdadap dan Pasirnanjung. Mudah mudahan pelaksanaan Pilkades di sana juga aman, tertib, dan kondusif.

Termasuk, tingkat partisipasi pemilih juga bisa meningkat karena antusias masyarakat akan pesta demokrasi ini sangat baik.

“Setelah memantau ke TPS TPS, ya alhamdulillah penyelenggaraannya baik. Mudah-mudahan dengan baiknya pelaksanaan, partisipasi pemilih pun banyak yang datang ke TPS. Mudah-mudahan juga nanti hasilnya menghasilkan para kepala desa yang baik juga yang sesuai dengan keinginan masyarakat,” tandasnya.(abas)

Categories: Regional