Bagian Humas dan Protokol Setda Sumedang Lakukan Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Pencegahan COVID-19

SUMEDANG, eljabar.com — Dalam rangka optimalisasi pencegahan penyebaran Covid 19 di Wilayah Kabupaten Sumedang, Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Sumedang Asep Tatang Sujana melaksanakan Monitoring dan Evaluasi  di Kecamatan Buahdua dan Kecamatan Surian, Selasa (7/4/2020).

Pelaksanaan monitoring ini berdasarkan Surat Keputusan Bupati nomor 440/Kep.174-huk/2020 tentang Pembentukan tim Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Pencegahan Penularan Corona Virus Desease -19 (COVID 19).

Tiba di Posko Terpadu Pencegahan Covid 19 di Dusun Palasah Desa Ciawitali Kecamatan Buahdua, terpantau para petugas sedang melakukan pemeriksaan kendaraan dan melakukan cek kesehatan  warga masyarakat yang memasuki  wilayah di perbatasan Kecamatan Buahdua.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, perhari rata-rata masyarakat yang masuk diperbatasan kurang lebih ada sekitar  500 orang. Masyarakat yang melewati posko tersebut dilakukan pemeriksaan kesehatan dengan mekanisme penyemprotan disinfektan, cek suhu tubuh dan tindakan lainnya oleh tim medis.

Dalam kesempatan itu, para petugas yang berada di Posko Terpadu saat kedatanganntim monitoring menyampaikan beberapa keluhan terkait kurangnya ketersediaan alat pengaman diri (APD) seperti masker dan suplemen untuk para petugas posko.

Selanjutnya di Posko Terpadu Kecamatan Surian, penjagaan tidak dilakukan setiap hari. Saat dikonfirmasi ke pihak desa dan kecamatan Surian, hal ini disebabkan keterbatasan petugas medis dan kurangnya ketersediaan alat kesehatan.

Adapun upaya-upaya yang telah dilakukan di Kecamatan Surian saat ini sudah dibentuk satgas pencegahan penyebaran Covid 19 di tingkat kecamatan Surian untuk mengidentifikasi warga dari luar daerah dan melakukan patroli berupa woro woro bekerjasama dengan puskesmas dan kapolsek kepada warga setempat.

Selain itu, untuk mencegah penyebaran virus corona. Pemerintah Kecamatan Surian juga mulai mengaktifkan relawan RT, RW dan desa. Salah satunya adalah Desa Pamekaran Kecamatan Surian yang telah mengaktifkan posko relawan pemantauan dan pencegahan covid-19. Posko yang didirikan di salah satu jalan desa ini, ditempatkan petugas yang berasal dari relawan desa untuk mengecek setiap orang yang datang dan melintas di wilayah desa setempat.

Dalam kesempatan sama, tim monitoring juga memberikan himbauan kepada seluruh warga masyarakat Sumedang agar masyarakat selalu menggunakan masker dalam beraktifitas, menerapkan pola hidup bersih dan sehat, membiasakan cuci tangan dan bagi masyarakat Sumedang yang berada diluar kota dianjurkan untuk tidak mudik terlebih dahulu demikian halnya masyarakat Sumedang tidak bepergian keluar daerah sehingga penyebaran virus Corona ini cepat segera terselesaikan. (Abas)

Advertisement

Categories: Pemerintahan