bank bjb Bekali Calon Pensiunan ASN Pemprov Jabar Ilmu Kewirausahaan - El Jabar

bank bjb Bekali Calon Pensiunan ASN Pemprov Jabar Ilmu Kewirausahaan

BANDUNG BARAT, eljabar.com – Persiapan menghadapi masa pensiun mutlak dilakukan sebagai upaya adaptasi diri di lingkungan baru. Berbagai hal harus dipersiapkan, terutama rencana mengisi kegiatan di masa tua serta kemandirian finansial agar dapat menjalani masa purna bhakti dengan tenang dan sejahtera.

Sebagai upaya untuk mempersiapkan para calon pensiunan tersebut, bank bjb menyelenggarakan pelatihan pembekalan kewirausahaan pra purna bhakti bagi aparatur sipil negara (ASN) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar). Kegiatan ini diselenggarakan di UPTD Balai Pengujian Mutu dan Keamanan Pakan/Bahan Pakan (BPMKP/BP), Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (5/10/2020).

Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto mengatakan pembekalan kewirausahaan ini merupakan agenda rutin yang diselenggarakan bank bjb sebagai mitra setia pemerintah daerah. bank bjb berkolaborasi dengan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jabar memberikan bekal ilmu kewirausahaan yang dapat dimanfaatkan para ASN di masa pensiun.

“Bekal kewirausahaan diberikan karena sangat bermanfaat bagi para calon pensiunan ASN agar mereka dapat mengisi masa pensiun dengan kegiatan produktif. Berwirausaha juga akan mengukuhkan kemandirian finansial para ASN sehingga mereka juga dapat menginspirasi dengan tetap berkarya dan menikmati hidup yang sejahtera di hari tua,” kata Widi.

Pada kegiatan yang diikuti 15 ASN pra purna bhakti yang berasal dari berbagai organisasi perangkat daerah (OPD) ini, dipaparkan beberapa materi, termasuk di antaranya success story beberapa pelaku wirausaha, inspirasi berwirausaha, digital marketing, hingga perencanaan usaha.

Para ASN juga menyaksikan demonstrasi proses pengolahan susu menjadi kefir dengan proses fermentasi. Susu kefir ini merupakan salah satu produk olahan khas Lembang yang dikenal sebagai salah satu sentra produksi susu sapi unggulan di Jabar.

Selain itu, bank bjb juga memperkenalkan sejumlah produk pembiayaan produktif yang dapat dimanfaatkan calon pensiunan untuk menjalankan usaha. Produk pembiayaan ini termasuk di antaranya Kredit Pra Purna Bhakti, Kredit Purna Bhakti, Kredit Mikro Utama, dan beberapa jenis kredit segmen UMKM bank bjb lainnya. **

Categories: Ekonomi