Bayar Uji KIR, Dishub Sumedang Bersama bank bjb Luncurkan QRIS dan BLUE - El Jabar

Bayar Uji KIR, Dishub Sumedang Bersama bank bjb Luncurkan QRIS dan BLUE

SUMEDANG, eljabar.com — Sesuai dengan Visi Sumedang Simpati yang keempat yaitu Profesional Aparaturnya, Dinas Perhubungan Kabupaten Sumedang bekerja sama dengan Bank bjb meluncurkan aplikasi pembayaran pengujian kendaraan bermotor (Keur/Kir) melalui QRIS Bank bjb dan Kartu Bukti Lulus Uji Elektronik (BLUE) secara simbolis oleh Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir di halaman UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor Jl Sebelas April Rancamulya, Selasa (27/10/2020).

Kepala Dinas Perhubungan Surrys Laksana Putra dalam laporannya mengatakan, sesuai amanat Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2012 tentang Kendaraan Bermotor serta Pertauran Menteri Perhubungan Nomor 133 Tahun 2015 tentang Pengujian Kendaraan Bermotor bahwa setiap kendaraan bermotor wajib uji berkala dan dinyatakan lulus pemeriksaan teknis dan pengujian layak jalan kendaraan bermotor berupa kartu uji dan tanda uji.

“Pelayanan pengujian kendaraan ini memberikan manfaat yang positif baik pemerintah maupun bagi masyarakat yaitu memberikan jaminan keselamatan secara teknis terhadap pengguna kendaraan bermotor di jalan serta mendukung terwujudnya kelestarian lingkungan dari kemungkinan pencemaran udara yang diakibatkan asap kendaraan,” terangnya.

Ia berharap dengan pembayaran Quick Response Code Indonesia Standar (QRIS) bjb ini masyarakat semakin mendapat kemudahan dalam pelayanan pengujian.

“Jadi tidak ada lagi alasan untuk tidak menguji kendaraan sebagai upaya mewujudkan keselamatan transportasi jalan,” harapnya.

Kepala Bank bjb Sumedang Graha Noviana dalam sambutannya mengatakan, sistem Bank bjb telah terintregrasi dengan Sistem Pengujian Kir sehingga pembayaran akan langsung masuk menjadi penerimaan ke kas daerah.

“Kami mempunyai tugas, komitmen dan tanggung jawab sebagai Bank Pembangunan Daerah merupakan bagian dari Visi kami,” ucapnya.

Ia menerangkan, dengan aplikasi tersebut pembayaran bisa menggunakan Dompet Digital bjb dan aplikasi lainnya.

“Bisa juga melalui pembayaran digital lainnya. Mudah-mudahan bisa memberikan kemudahan kepada masyarakat yang akan melakukan pengujian pembayaran kir ini,” ujarnya

Sementara itu, Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir usai “launching” mengatakan, aplikasi digunakan dalam rangka memberikan pelayanan yang terbaik yakni cepat, mudah, dan aman bagi masyarakat.

“Pembayaran pengujian kendaraan bermotor melalui QRIS Bank bjb ini bisa menggunakan berbagai jenis dompet digital karena sudah terstandari. Jadi kode QR-nya bisa berbagai jenis pelayanan,” ucapnya.

Dengan menggunakan QRIS akan lebih aman karena tidak ada sentuhan antara orang dengan orang.

“Uangnya langsung masuk ke kas daerah sehingga akan mengurangi juga praktik-praktik percaloan,” tegasnya.

Hal tersebut menurutnya sangat sesuai dengan Visi ke-4  Sumedang Simpati yaitu Profesional Aparaturnya.

“Ini bagian dari Profesional Aparaturnya dimana Dishub telah meluncurkan dua aplikasi. Pertama Digicash untuk Angkot dan Tampomas dan kedua QRIS bjb ini,” harapnya.

Ia menerangkan, dengan memberikan pelayanan yang mudah dan cepat melalui pemanfaatan teknologi informasi sangat mendukung terwujudnya Sumedang Digital Region.

“Sumedang sebagai Kabupaten Digital (Digital Region) memanfaatkan IT untuk mempercepat pelayanan kepada masyarakat sehingga segala sesuatunya menggunakan digital,” terangnya.

Ia juga sudah menginstruksikan kepada seluruh SKPD agar terus berinovasi melakukan upaya-upaya percepatan pelayanan dengan memanfaatkan IT.

“Walaupun masih ada kekurangan, (sambil jalan) saya minta aplikasinya disempurnakan. Selain aplikasi pembayaran (admisnistrasi) juga bisa dibuatkan aplikasi teknisnya sehingga mempermudah mempercepat pelayanan,” pungkasnya. (Abas)

Categories: Regional