BBWS Cimanuk Cisanggarung: Selain di wilayah infrastruktur SDA Tepat Jadi Tempat Budidaya Ikan – El Jabar

BBWS Cimanuk Cisanggarung: Selain di wilayah infrastruktur SDA Tepat Jadi Tempat Budidaya Ikan

CIREBON, eljabar.com — Sebagai salah satu penopang sumber daya air di wilayah Jawa Barat, Sungai Cimanuk mendapat perhatian khusus baik dari para civitas akademika maupun masyarakat umum.

Kepala BBWS Cimanuk Cisanggarung Dr. Ismail Widadi, ST, M.Sc menyatakan bahwa aliran sungai Cimanuk termasuk dalam salah satu kawasan yang dilindungi dalam Webinar KKN-PPM 2021 Universitas Padjajaran yang dihadiri oleh para Civitas Akademika pada Kamis (5/8/2021).

Sejatinya sepanjang aliran sungai Cimanuk memiliki potensi budidaya ikan yang besar. Namun, penempatan budidaya ini bukan di infrastruktur sumber daya air seperti bendungan ataupun waduk.

Berdasarkan Peraturan Menteri PUPR no. 27 tahun 2015 pembangunan bendungan memiliki 4 tujuan, yakni penyedia air baku, penyedia air irigasi, pengendali banjir, dan pembangkit listrik tenaga air. Sehingga apabila ingin mengadakan budidaya ikan di infrastruktur SDA harus melalui kajian yang mendalam agar tidak merusak tujuan utama pembangunan infrastruktur.

Dengan adanya webinar ini, diharapkan para civitas akademika di bidang budidaya ikan dapat bersinergi bersama BBWS Cimancis dalam menjaga dan melestarikan lingkungan di wilayah aliran sungai Cimanuk Cisanggarung. (*)

Categories: Regional