Beberapa Kabupaten/Kota Tertarik Ikuti Penerapan Transformasi Digital di Kabupaten Sumedang – El Jabar

Beberapa Kabupaten/Kota Tertarik Ikuti Penerapan Transformasi Digital di Kabupaten Sumedang

Sumedang, eljabar. Com — Indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Kabupaten Sumedang yang mencapai 3,81dan tertinggi di Indonesia menarik perhatian beberapa Kabupaten/Kota untuk menggali penerapan transformasi digital di Kabupaten Sumedang.

Setelah sebelumnya dikunjungi Pemerintah Kabupaten Simeulue Provinsi Aceh akhir Oktober 2021 lalu, kali ini Senin (8/11), Kabupaten Sumedang kembali menerima kunjungan kerja Pemerintah Kota Banjar yang dipimpin Sekretaris Daerah Ade Setiana.

Rombongan diterima langsung Sekretaris Daerah Herman Suryatman didampingi Kepala BKPSDM Kabupaten Sumedang Endi Ruslan di Ruang Kerja Sekda Kabupaten Sumedang.

Sekretaris Daerah Kota Banjar Ade Setiana menyebutkan, tujuan dari kunjungan rombongannya adalah untuk studi banding terkait digitalisasi terutama di ranah pemerintahan.

“Hal ini dilakukan dalam rangka menata tata pemerintahan di Kota Banjar, terutama dalam implemrntasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE),” ujar Ade.

Menurut Ade, tata kelola pemerintahan secara digital sejalan dengan penyederhanaan birokrasi berikut regulasinya.

“Saya harap kunjungan ini bukan menjadi yang terakhir tetapi ke depannya bisa lebih baik dari hari ini sehingga Kota Banjar bisa mengejar ketertinggalan dari Kabupaten Sumedang dari beberapa aspek,” tukasnya.

Sekda Ade pun mengatakan akan mengadopsi dan mengadaptasi tata kelola digital di Kabupaten Sumedang untuk diterapkan di daerahnya.

“Saya berterima kasih kepada Kabupaten Sumedang karena telah menghibahkan aplikasi e-Office sehingga bisa didalami lebih maksimal dan ada ilmu yang bisa diterapkan di Kota Banjar,” imbuhnya.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Sumedang Herman Suryatman mengatakan, Pemerintah Kabupaten Sumedang  dan Kota Banjar harus saling memberi dan melengkapi dalam rangka mencapai tujuan pemerintahan.

“Tujuan pemerintah adalah untuk mensejahterakan masyarakat dan salah satu alatnya ialah SPBE. Diharapkan dengan adanya pengembangan digital yang diadopsi dari Sumedang akan memberikan kemajuan untuk Kota Banjar,” tuturnya.

Dijelaskan Sekda, ada delapan area sistem merit yang bisa menjadi bahan penilaian tata kelola pemerintah ke depan.
.
.
“Yang pertama perencanaan kebutuhan.¬† Kedua adalah pengadaan. Kemudian pengembangan karir. Keempat promosi dan mutasi. Kelima manajemen kinerja. Keenam penggajian, penghargaan dan disiplin. Ketujuh perlindungan dan pelayanan, serta terakhir sistem informasi. Dengan penerapan sistem merit di Kabupaten Sumedang, kita bisa melakukan penilaian secara mandiri, ” jelasnya.

Selain itu, Sekda menyebutkan Pemerintah Kabupaten Sumedang juga telah menyiapkan 36 CPNS formasi Pranata Komputer pada tahun 2020 untuk menunjang transformasi digitalisasi di seluruh perangkat daerah.

“Kami menyiapkan khusus Pranata Komputer yang kami sebar di tiap SKPD sehingga diharapkan bisa mengawal transformasi digital di Kabupaten Sumedang,” tutur Sekda Herman.

Setelah diterima di Ruang Kerja Sekda Kabupaten Sumedang, rombongan studi banding Pemerintah Kota Banjar melanjutkan peninjauan ke Command Center Sumedang di Lantai III Setda.

Masih didampingi Sekda Herman, rombongan  mendapatkan penjelasan mengenai aplikasi e-Office dari Kepala Bidang Informatika pada Diskominfosanditik Arif Syamsudin
seperti pengaturan data pegawai, pengaturan jabatan/golongan, penomoran surat otomatis, disposisi surat, dan lain-lain.(abas)

Categories: Regional