Bendungan Tugu Diresmikan Besok, Apel Pengamanan Digelar di Stadion Menak Sopal – El Jabar

Bendungan Tugu Diresmikan Besok, Apel Pengamanan Digelar di Stadion Menak Sopal

TRENGGALEK, eljabar.com — Peresmian Bendungan Tugu oleh Presiden Joko Widodo akan dilaksanakan pada hari Selasa (30/11/2021), besok.

Informasi yang diterima eljabar.com menyebutkan bahwa peresmian bendungan tersebut akan dilaksanakan besok dan malam ini pihaknya bersama-sama stake holder terkait saat ini tengah mempersiapkan untuk acara tersebut.

“Malam ini semua sedang sibuk untuk acara peresmian besok, saya sekarang harus kembali ke lokasi yang sudah distreilisasi. Pampamres juga telah di lokasi,” terang staf humas dari proyek pembangunan Bendungan Tugu, melalui sambungan seluler, Senin (29/11/2021) petang.

Serangkaian kegiatan pengamanan dalam rangka kunjungan kepala negara di Trenggalek. Apel gelar pasukan telah dilaksanakan di stadion Menak Sopal.

Komandan Korem 081/DSJ Kolonel (Inf) Waris Ari Nugroho mengatakan bahwa apel gelar pasukan tersebut merupakan rangkaian kegiatan pengamanan Presiden RI.

“Besok, insyaalah akan datang ke Kabupaten Trenggalek dalam melaksanakan kegiatan khusus peresmian Bendungan Tugu yang ada di Trenggalek,” kata Waris.

Komandan Satuan Tugas Pengamanan Wilayah Kedatangan RI1 ke Trenggalek itu menjelaskan ada sejumlah rangkaian kegiatan Presiden di Kabupaten Trenggalek.

Apel gelar pasukan ini, kata Waris kemudian, untuk mengecek kesiapan seluruh unsur yang terdapat dalam pengamanan kepala negara.

Serangkaian kegiatan untuk pengamanan dan keamanan dalam rangka peresmian bendungan proyek strategis nasional itu telah dilakukan sejak minggu kemarin.

Tak kurang Polres Trenggalek telah melakukan penyisiran, baik rute yang akan dilalui oleh kepala negara maupun lokasi-lokasi pengamanan hingga ke lokasi bendungan yang berada di Desa Ngelinggis, Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek tersebut.

Sementara itu, Bupati Trenggalek, Mochamad Nua Arifin, sebelumnya juga telah menyampaikan bahwa jadwal peresmian Bendungan Tugu akan dilaksanakan pada Selasa (30/11/2021), besok.

Bahkan, sebelum diresmikan sebenarnya masyarakat Trenggalek telah merasakan manfaat dari keberadaan Bendungan Tugu.

“Manfaat yang dirasakan bendungan ini mampu mereduksi banjir,” ujar Gus Ipin.

Sementara itu, PPK Bendungan III BBWS Brantas, Yuda Tantra Ahmadi mengungkap, Bendungan Tugu telah siap diresmikan. Pembangunan fisik bendungan tersebut telah selesai 100 persen.

Selain itu, proses pelaksanaan pekerjaan Bendungan Tugu, selesai 100 persen sebelum waktu pelaksanaannya berakhir pada Desember 2021 yang akan datang.

“Kontrak kita berakhir Desember namun bulan ini sudah rampung dan secara fisik telah 100 persen selesai,” ujar Yuda, Senin (29/11/2021), dilansir dari sejumlah media berita.

Meskipun sudah selesai, kata Yuda, bendungan tersebut belum bisa langsung dioperasionalkan secara normal sebab masih menunggu sertifikat operasidari Kementerian PUPR.

Bendungan Tugu telah lama dinanti-oleh masyarakat Trenggalek. Pembangunannya yang memakan waktu kurang lebih 7 tahun itu tak lama lagi manfaatnya akan dirasakan.

Seperti diketahui, bendungan yang memakan biaya sebesar Rp 1,8 triliun tersebut akan mampu mengairi sawah seluas 1.200 hektare.

Dengan tampungan volume sebesar 9,3 juta meter kubik, Bendungan Tugu juga mampu mereduksi banjir 76,21 meter kubik per detik serta kebutuhan air baku sebesar 12 liter per detik. (*wn)

Categories: Nasional