Bupati: Kehadiran ICMI Menjadi Solusi dalam Menangani Penyebaran Covid-19 - El Jabar

Bupati: Kehadiran ICMI Menjadi Solusi dalam Menangani Penyebaran Covid-19

SUMEDANG, eljabar.com — Bupati Sumedang Dr. H. Dony Ahmad Munir mengapresiasi kiprah Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) yang selama ini telah menjadi mitra pemerintah serta bahu-membahu dan bergandengan tangan menjadi bagian solusi di tengah-tengah masyarakat.

Hal tersebut dikatakan bupati saat menghadiri acara pelantikan ICMI Orda Sumedang dan Temu Tokoh Nasional hasil kerja sama MPR RI dengan ICMI ORDA Sumedang yang dilaksanakan di Pendopo IPP, Selasa (29/09/2020).

Temu Tokoh Nasional sendiri dilaksanakan dalam rangka Sosialisasi 4 Pilar yang diinisiaai MPR RI. Keempat pilar tersebut yakni Pancasila sebagai ideologi negara dan dasar negara, UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai konstitusi negara, NKRI sebagai bentuk negara dan Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

Bupati mengatakan, di tengah-tengah Pandemi Covid-19 ICMI hadir menjadi solusi dalam mencegah dan menangani penyebaran Covid-19.

“Mudah-mudahan ke depannya ICMI akan terus memberikan kontribusi terbaiknya, meningkatkan kinerjanya, berkolaborasi dan bersinergi dengan Pemkab Sumedang untuk memberikan yang terbaik kepada umat,” ujarnya.

Berkaitan dengan Sosialisasi Empat Pilar atau Konsensus Berbangsa dan Berbegara, menurut bupati hal tersebut merupakan kesepakatan sebuah bangsa yang patut disyukuri oleh warga Negara Indonesia yang hidup aman, nyaman, damai, tidak ada peperangan, tidak ada perpecahan, walaupun masih ada kekurangan.

“Bayangkan negara kita dengan 17 ribu lebih pulau, ribuan suku, ratusan bahasa, namun masih bisa bersatu dalam bentuk NKRI. Saya meyakini kenapa kita bisa bersatu karena Islam di Indonesia adalah Islam yang rahmatan lilalamin. Islam yang mengajak dan Islam yang merangkul,” paparnya.

Selain itu, bupati juga mengatakan bahwa ‘The Founding Fathers’ telah menetapkan konstitusi berbangsa dan bernegara yakni bagaimana Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika menjadi konsensus bersama.

“Inilah hasil dari ulama-ulama Indonesia yang telah melahirkan konstitusi berbangsa dan bernegara. Ini warisan ulama kita, para Founding Fathers di negara kita, yang telah menjadikan Indonesia rukun seperti saat ini dan harus kita pertahankan,” ungkapnya.

Bupati juga mengucapkan selamat kepada jajaran pengurus ICMI Orda Kabupaten Sumedang yang telah dilantik.

“Mudah-mudahan kegiatan hari ini menjadi momentum kebangkitan ICMI Kabupaten Sumedang dalam memberikan kontribusi terbaik bagi masyarakat Sumedang,” ucapnya.

Bupati berpesan agar setelah dilantik ICMI dapat bergerak cepat melakukan akselerasi dalam merealisasikan program-programnya.

“Harapan kami ICMI betul-betul menjadi wahana yang solutif dan aplikatif dalam menyelesaikan persoalan keumatan dan kebangsaan dengan terus merumuskan solusi-solusi atas persoalan bangsa dan ummat,” tukasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua MPR RI sekaligus pendiri ICMI Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad yang memberikan sambutan sekaligus membuka acara secara virtual menilai bahwa pertemuan tokoh ini sangat penting, apalagi menurutnya Kabupaten Sumedang merupakan daerah yang sangat terkenal.

“Saya ingin mengingatkan bahwa Empat Pilar diibaratkan sebagai pondasi daripada rumah kebangsaan kita. Maka ini ada empat pondasi yakni, Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika,” pungkasnya. (Abas)

Categories: Regional