Bupati Pamekasan Dukung H. Tabrani Menjadi Pahlawan Nasional - El Jabar

Bupati Pamekasan Dukung H. Tabrani Menjadi Pahlawan Nasional

Pamekasan, eljabar.com – Kegiatan sosialisasi pengajuan M. Tabrani sebagai Pahlawan Nasional yang digelar oleh Balai Bahasa Provinsi Jatim di Hotel Frontone, Pamekasan.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam memberikan sukungan dengan ikut menandatangani petisi menanda tandatangani petisi pengajuan Mohammad Tabrani Soerjowitjitro sebagai Pahlawan Nasional.

IMG 20210404 WA0082

M. Tabrani merupakan salah seorang tokoh dari Madura yang menggagas Bahasa Indonesia yang menjadi bahasa persatuan Indonesia.

M. Tabrani yang lahir di Pamekasan, 10 Oktober 1904 tersebut merupakan tokoh Jong Java, namun selalu dikenal oleh khalayak sebagai wartawan yang menjadi Ketua Persatuan Djoernalis Indonesia (Perdi) kala itu.

Selain itu, ketika Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) pertama kali dibentuk pada media tahun 1946, sosok Tabrani muda sudah menjadi Pegawai Menteri Penerangan pada jaman tersebut.

Bahkan Tabrani termasuk salah satu panitia inti dalam pembentukan Sumpah Pemuda pada tahun 1928.

IMG 20210404 WA0083

Sehingga atas jasanya, Balai Bahasa Provinsi Jatim secara resmi mengajukan M. Tabrani sebagai Pahlawan Nasional kepada Pemerintah Pusat.

Rencana pengajuan tersebut mendapat apresiasi dan dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten Pamekasan melalui pernyataan resmi Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam.

Melalui kegiatan Sosialisasi Pengajuan M. Tabrani sebagai Pahlawan Nasional yang digelar di Bumi Gerbang Salam pada Selasa (30/03/2021) politisi PKB ini menyempatkan hadir di antara para undangan.

Nampak acara tersebut disaksikan Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Prof. E Aminuddin Aziz, Bupati Pamekasan mengatakan pihaknya akan mendukung gagasan tersebut.

“Tentunya aspirasi ini harus mendapatkan dukungan dari seluruh elemen masyarakat, termasuk media sehingga usulan ini bisa terwujud,” pungkasnya. (idrus)

Categories: Nasional