Bupati “Saya Salut Atas Pilihan Anak-Anak Muda” – El Jabar

Bupati “Saya Salut Atas Pilihan Anak-Anak Muda”

Sumedang,eljabar.com — Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengapresiasi para pemuda di Dusun Jambuaer Desa Sindulang Kecamatan Cimanggung yang berhasil mengembangkan usaha pertanian di daerahnya dengan berhimpun dalam Kelompok Tani Milenial Makmur.

“Saya salut atas pilihan anak-anak muda untuk berkiprah dalam pertanian, khususnya sayuran dan palawija. Tentu ini menciptakan lapangan pekerjaan dan menggerakkan ekonomi warga,” ujarnya saat bertemu langsung dengan para petani milenial di Dusun Jambuaer Desa Sindulang, Selasa (5/10).

Bupati juga meminta kepada para petani milenial untuk terus meningkatkan kualitas sayurannya serta mengemasnya semenarik mungkin untuk diterima di pasaran yang lebih luas.

“Harus siap untuk terus meningkatkan kualitas produknya sehingga meningkatkan pula pendapatannya,” ujarnya.

Bupati pun menyatakan siap untuk membuka peluang pemasarannya di kawasan industri dan pendidikan.

“Kami akan memberikan peluang kepada para petani milenial ini untuk memasok kawasan industri dan pendidikan dalam bentuk kerja sama,” ungkapnya.

Risman selaku Ketua Kelompok Tani Milenial Makmur menyebutkan, luas lahan  yang ditanami sayuran dan palawija bersama-sama dengan petani setempat sekitar 300 hektare.
“Dari lahan 300 hektare tersebut,sebanyak 250 hektare dikelola oleh kelompok binaan dan 50 hektar oleh para petani milenial dengan jumlah anggota sebanyak 30 kelompok,” tuturnya.

Ditambahkan Risman, omzet sayuran dan palawija yang kami hasilkan mencapai rata-rata Rp. 50 juta per bulan dan sudah dipasarkan di pasar-pasar modern.

“Perhari kami menghasilkan 3 ton berbagai macam sayuran yang kami sortir di gudang sesuai kebutuhan pasar,” imbuhnya.

Risman pun merasa senang karena usulannya dibantu pemasarannya ke kawasan industri dan pendidikan mendapat lampu hijau dari Bupati.

“Saya minta ada surat rekomendasi agar produk kami bisa dipasarkan di kawasan industri dan pendidikan dan melakukan kolaborasi serta kerjasama.¬† Alhamdulillah disanggupi Bupati,” ujarnya.(abas)

Categories: Regional