Bupati Sumedang Jadi Opening Speaker Pada Webinar Nasional - El Jabar

Bupati Sumedang Jadi Opening Speaker Pada Webinar Nasional

SUMEDANG, eljabar. Com — Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir menjadi Opening Speaker pada webinar nasional yang bertajuk “Bergerak Maju, Bersama Cegah Stunting Sinergi dan Kolaborasi Mewujudkan Sumedang Zero Stunting” yang diinisiasi Bappppeda bekerjasama dengan PT Telkomsel.

Bupati H Dony Ahmad Munir dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas digagasnya webinar kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Sumedang dan Telkomsel seraya berharap memberikan dampak dan mangfaat bagi penurunan stunting di Kabupaten Sumedang.

“Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada PT Telkomsel yang terus bekerja sama dengan kami, berkolaborasi untuk mensejahterakan masyarakat,” ucapnya.

Kerja sama tersebut, kata Bupati, cukup efektif dan terbukti Sumedang mendapatkan penghargaan sebagai Kabupaten Terbaik III dalam Pelaksanaan 8 Aksi Konvergensi Penurunan Stunting Terintergrasi Tahun 2020 untuk Wilyah Regional II dari Kemendagri RI.

“Sumedang juga meraih penghargaan sebagai Terbaik I Kategori Kabupaten dengan Kinerja Terbaik dalam Pelaksanaan Aksi Konvergensi Penurunan Stunting di Tahun ke-2 tingkat Jawa Barat tahun 2020,” ucapnya.

Bupati menerangkan, webinar yang digelar tersebut merupakan bagian dari upaya mengatasi stunting melalui pendekatan pentahelix.

“Bagaimana lima pilar ABCGM bersatu bersama-sama untuk mengatasi stunting. Pilar Akademisi, Bisnis, Comunity, Goverment dan Media bisa bersama-sama bersatu padu untuk mengatasi, mencegah dan menghentikan stunting,” terangnya.

Bupati berpesan kepada para peserta webinar agar mengikuti acara dengan sebaik-baiknya.

“Tidak hanya sebuah formalitas. Hadirkan hati kita, jiwa kita di webinar ini. Kita akan mendapatkan pengetahuan bagaimana bergerak maju bersama menerapkan kebijakan dan kegiatan yang berdampak terhadap penurunan angka stunting,” pesannya

Direktur Human Capital Management Telkomsel. R Muharam Perbawamukti dalam sambutannya mengatakan, hampir seluruh negara di dunia sedang mengerahkan seluruh energi dan sumber dayanya untuk menangani pandemi yang sedang dihadapi saat ini.

“Di Indonesia tentunya kita berharap bahwa beberapa agenda strategis yang mendasar dan berdampak besar tehadap kehidupan rakyat tidak boleh berhenti, harus tetap berjalan. Salah satu agenda terbesar adalah penurunan stunting di beberapa wilayah di Indonesia,” ucapnya.

Ia juga menerangkan, Telkomsel sebagai perusahaan digital mempunyai komitmen menjadi ekosistem digital di Indonesia yang mampu memberikan dampak besar bagi masyarakat.

“Program coorporate sosial responsibility (CSR) Telkomsel menitikberatkan kepada kualitas kehidupan masyarakat di berbagai daerah di Indonesia. Apa yang kita lakukan menggunakan keunggulan teknologi, pemberdayaan masyarakat, pendidikan dan kesehatan,” terangnya

Oleh karena itu, pada program CSR kali ini Telkomsel bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Sumedang untuk menyediakan sebuah platform aplikasi kesehatan yang kita sebut dengan Simpati.

“Ini adalah aplikasi khusus yang digunakan oleh kader Posyandu, Puskesmas untuk melakukan pendataan ibu hamil. Mulai dari pencatatan Ibu hamil dan pemberian gizi anak. Jadi kita gunakan teknologi untuk pemahaman dan pengetahuan sehingga diharapkan nanti Ibu-Ibu bisa memberikan gizi anaknya yang sesuai sehingga mencegah stunting,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, guna mendukung program Simpati tersebut pihaknya memberikan bantuan berupa 300 handphone android untuk para kader Posyandu.

“Kami lakukan pelatihan aplikasi kepada para kader Posyandu. Kita harapkan dengan aplikasi ini bisa menurunkan angka stunting di wilayah Sumedang sehingga kesehatan ibu dan anak semakin lebih baik dan mendorong keberhasilan Pemerintah Kabupaten Sumedang dalam penurunan stunting,” ungkapnya.

Selain Bupati, hadir pula sebagai narasumber Direktur Kesehatan Kemenkes RI Erna Mulati, Kabid Pemerintahan dan Pembangunan Manusia Bappeda Jawa Barat Idam Rahmat, Kepala Bappppeda Kabupaten Sumedang Tuti Ruswati, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang Dadang Sulaeman, dan VP Corporate Communications Telokomsel Denny Abidin.

Webinar diikuti oleh para kader Posyandu, unsur Puskesmas, dinas instansi terkait, dan jajaran Telkomsel.(abas)

Categories: Regional