Bupati Sumedang Presentasikan Substansi dan Penerapan SAKIP Desa Dihadapan Tim Penilai KIJB - El Jabar

Bupati Sumedang Presentasikan Substansi dan Penerapan SAKIP Desa Dihadapan Tim Penilai KIJB

SUMEDANG, eljabar.com — Kompetisi Inovasi Jawa Barat (KIJB) 2020 yang digelar Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat memasuki tahap presentasi dan wawancara yang dilaksanakan di Ruang Rapat Malabar Gedung Sate Bandung, Selasa (20/10/2020).

Sebanyak 32 inovasi dari 13 kabupaten/kota dan 9 OPD terpilih mengikuti tahapan ini, salah satunya Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang dengan inovasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi pemerintah (SAKIP) Desa.

Pada kesempatan itu, Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir mempresentasikan latar belakang, substansi dan penerapan SAKIP Desa di hadapan Tim penilai KIJB dari perguruan tinggi dan media (ITB, Unpad, dan dari Jawa Pos).

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir menuturkan bahwa SAKIP Desa lahir dilatarbelakangi oleh besarnya dana desa yang belum berdampak signifikan terhadap meningkatnya kesejahteraan masyarakat.

Menurutnya, kondisi tersebut tiada lain disebabkan dalam penerapannya belum berorientasi pada hasil dan belum berorientasi pafa kinerja.

“SAKIP Desa ini akan mengarahkan tata kelola pemerintahan berbasis kinerja dan berorientasi hasil sehingga tercapainya kesejahteraan masyarakat, seperti kemiskinan menurun, stunting menurun, kualitas pelayanan meningkat,” kata bupati.

Disinggung mengenai respon dari Tim penilai, dikatakan Bupati, mereka sangat mengapresiasi dan mendukung terhadap upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang dengan diterapkan SAKIP Desa.

“Alhamdulillah respon dari tim penilai sangat baik, sangat mengapresiasi dan mendukung SAKIP Desa ini diterapkan. Kami juga menerima berbagai masukan dari tim penilai,” ujarnya.

Hadir mendampingi Bupati, Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Herman Suryatman, Kepala Bappppeda Kabupaten Sumedang Tuti Ruswati, Inspektur Kabupaten Sumedang Subagio dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Endah Kusyaman. (Abas)

Categories: Pemerintahan