Bupati Sumedang Sambut Kunjungan Jajaran Keraton Sumedang Larang – El Jabar

Bupati Sumedang Sambut Kunjungan Jajaran Keraton Sumedang Larang

Sumedang,eljabar.com – Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir menerima kunjungan silaturahmi dengan jajaran Keraton Sumedang Larang, bertempat di Gedung Negara, Senin (30/8).

Disampaikan Radya Anom Keraton Sumedang Larang Raden Lucky Djohari Sumawilaga dalam silaturahmi tersebut, pihaknya menyampaikan aspirasi dari masyarakat adat di Kecamatan Conggeang dan Ujungjaya, tepatnya di Desa Ungkal, Desa Cibuluh, Desa Sakurjaya dan sekitarnya terkait program pembangunan nasional yang sedang berjalan yakni Tol Cisumdawu dan Bendungan Cipanas atau Sangiang.

“Tentunya masyarakat adat menitipkan sebuah harapan, mereka tidak hanya sebatas sebagai penonton, tapi bagaimana pembangunan ini ada nilai tambah bagi masyarakat,” ujarnya.

Dikatakan Lucky, masyarakat adat berharap ada sebuah program penyelamatan dan pelestarian warisan budaya karena di titik-titik pembangunan tersebut banyak spot-spot warisan budaya seperti cagar budaya, makam, situs, sumber mata air, dan lain sebagainya.

“Masyarakat adat mendukung program-program pembangunan tersebut. Namun mereka berharap di sana ada program membuat semacam lokalisasi wisata budaya terpadu,” paparnya.

Sementara itu,Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir mengapresiasi atas perhatian dari berbagai pihak untuk membangun Kabupaten Sumedang.

“Saya mengucapkan terima kasih atas berbagai perhatian dari semua pihak yang turut membangun Kabupaten Sumedang,” ucapnya.

Ia juga mengatakan, pembangunan yang dilaksanakan di Kabupaten Sumedang harus berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

“Jangan sampai ada ekses di kemudian hari. Tentu ini harus di antisipasi. Yang paling penting pembangunan di sana harus pro kepada masyarakat dan lingkungan tetap terjaga,” tuturnya.

Ditambahkan Bupati, setiap pembangunan harus betul-betul di antisiapsi dampak sosial dan lingkungannya.(abas)

Categories: Regional