Bupati Sumedang: Setelah Maulid Nabi, Akhlaq Kita Harus Lebik Baik Lagi - El Jabar

Bupati Sumedang: Setelah Maulid Nabi, Akhlaq Kita Harus Lebik Baik Lagi

SUMEDANG, eljabar.com — Dengan Hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW, Kita Implementasikan Akhlaq Mulia dan Keteladanan Rasulluloh SAW dalam Kehidupan Sehari-hari untuk Mewujudkan Sumedang Simpati.

Demikian tema yang diusung dalam acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang digelar di Gedung Negara, Rabu (04/11/2020).

Maulid diisi dengan tausiyah oleh Prof. Dr. H. Abdurrahmat Fathoni, M.Si dan dihadiri Bupati Sumedang Dr. H Dony Ahmad Munir, S.T., M.M., Wakil Bupati H Erwan Setiawan, S.E., unsur Forkopimda, para Kepala SKPD, para Camat, dan tamu undangan lainnya.

Bupati dalam sambutannya mengatakan, Maulid Nabi yang selalu diperingati dari tahun ke tahun harus lebih bermakna lagi setiap tahunnya yaitu berdampak kepada perubahan akhlaq.

“Setelah Maulid Nabi, akhlaq kita harus lebik baik lagi karena peringatan Maulid akan bermakna apabila ada perubahan dalam akhlaq kita,” ucapnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, setidaknya ada beberapa makna yang bisa diambil dari peringatan Maulid.

“Makna pertama, mudah-mudahan dengan Maulid Nabi ini kualitas ketaqwaan kita meningkat. Oleh karena itu, dengan peringatan Maulid, kita semuanya semakin taat  kepada Allah SWT dan semakin meninggalkan kemaksiatan,” ujarnya.

Ia menambahkan, makna yang kedua adalah adanya perubahan akhlaq yang sesuai dengan akhlaq Rasulullah SAW dengan Rumus 3M.

“Mulai dari hal-hal yang paling kecil dan bernilai ibadah tapi luput dari perhatian kita. Mulai dari diri sendiri. Mulai dari sekarang juga, mumpung ada waktu,” ucapnya.

Ia juga berharap dengan peringatan Maulid bisa menambah pengetahuan tentang ilmu agama karena biasanya diisi dengan kajian-kajian ilmu agama.

“Kita harus bertanya, sudahkah bertambah ilmu agama kita hari ini. Mudah-mudahan dengan adanya tausiyah ini, kita akan bertambah ilmu agama dan tentunya bisa kita amalkan di kehidupan sehari hari,” katanya.

Bupati juga mengajak kepada seluruh jajaran ASN Kabupaten Sumedang untuk meluruskan niat dalam bekerja agar bernilai ibadah.

“Dengan momentum Maulid Nabi, mari kita meluruskan niat kita sebagai aparatur sipil negara agar apa yang kita lakukan dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat menjadi ibadah,” harapnya. (Abas)

Categories: Kronik