Cerita Sukses Pemilik Berkah Saluyu, Petani Asal Bandung Yang Banting Setir Menjadi Pebisnis Karpet – El Jabar

Cerita Sukses Pemilik Berkah Saluyu, Petani Asal Bandung Yang Banting Setir Menjadi Pebisnis Karpet

  1. Detail profil penjual:
  2. Nama Toko : Berkah Saluyu
  3. Pemilik : Atep Taryadi
  4. Domisili : Kabupaten Bandung Barat
  5. Foto :

Perjalanan bisnis produk lokal Berkah Saluyu sejak awal berdiri hingga saat ini

  • Tinggal Kampung Sindangsari, Kabupaten Bandung Barat dimana mayoritas masyarakatnya berprofesi sebagai petani, Atep Taryadi selalu bermimpi untuk bisa memulai bisnis dan memiliki produk hasil karyanya sendiri. Akhirnya pada tahun 2017, Atep memilih untuk keluar dari zona nyaman dan meninggalkan pekerjaannya sebagai petani untuk memulai mimpinya dengan mendirikan bisnis Berkah Saluyu. Atep mengawali bisnisnya dengan menjadi reseller berbagai macam produk yang bisa ia jual, termasuk dengan karpet bulu rasfur. Melihat minat yang tinggi akan produk karpet ini, Atep akhirnya memberanikan diri untuk memfokuskan penjualan untuk produk karpet bulu rasfur yang ia coba untuk produksi sendiri.
  • Minimnya informasi yang Atep miliki mengenai produksi karpet tidak mematahkan semangatnya. Bersama dengan sang istri, ia terus mencari informasi dan mendatangi berbagai pabrik lokal untuk mencari bahan baku. Hingga akhirnya di pertengahan tahun 2017, dengan modal seadanya ia memulai proses produksi karpet bulu rasfur nya sendiri. Awalnya Atep hanya memproduksi berdua bersama sang istri, mulai dari proses memotong bahan, menjahit hingga mengemas produknya.
  • Di awal mula bisnisnya, semua proses produksi Berkah Saluyu dilakukan di rumah pribadi Atep. Dengan jangkauan dan tingkat pesanan Berkah Saluyu yang semakin meningkat di Shopee dan ia harus mulai merekrut karyawan untuk membantunya, Atep memutuskan untuk memanfaatkan sebuah bangunan bekas dengan ruang yang lebih besar. Hingga akhirnya di tahun 2019, ia mampu membeli tanah dan membangun gudang produksi yang layak dan besar untuk para karyawannya. Lewat Berkah Saluyu, Atep bisa membantu masyarakat sekitar tempat tinggalnya dengan membuka lapangan pekerjaan baru dan mengurangi pengangguran. Hingga saat ini Atep dibantu oleh lebih dari 40 karyawan.
  • Untuk terus meningkatkan eksistensi produk lokal buatannya, Atep Taryadi tidak berhenti berinovasi. Dengan memanfaatkan bahan baku yang sama, ia mencoba untuk menciptakan inovasi produk terbaru, yaitu bantal bulu rasfur, boneka, hingga taplak meja. Atep juga selalu memastikan produk-produk dari Berkah Saluyu terjamin kualitas bahannya. Hal ini juga merupakan salah satu keunggulan Berkah Saluyu, dimana Atep selalu menggunakan bahan dengan kualitas grade A yang membuat produknya semakin disukai konsumen.
  • Quote: Atep Taryadi, Owner Berkah Saluyu mengatakan, “Mendirikan bisnis ini bukanlah hal yang mudah dan datang secara instan. Bahkan di awal saya memulai bisnis Berkah Saluyu, banyak orang yang meragukan usaha saya dan mengatakan produk saya tidak bagus. Tidak pantang menyerah, justru ini menjadi motivasi dan semangat bagi saya untuk menunjukkan potensi produk hasil lokal buatan saya kepada banyak orang. Ini bukan lagi hanya keinginan untuk merealisasikan mimpi saya, tetapi saya juga ingin menunjukkan bahwa walaupun saya berasal dari desa kecil dan dengan segala keterbatasan, bersama Shopee produk saya bisa digunakan oleh seluruh masyarakat di Indonesia. Saya percaya asalkan ada keinginan, semangat, dan niat yang kuat pasti selalu akan ada jalan untuk meraihnya. Terlebih di jaman sekarang sudah semakin mudah untuk memulai berbisnis karena adanya platform e-commerce seperti Shopee. Saya senang sekali dapat bekerjasama dengan Shopee yang terus mendukung kemajuan dan perkembangan produk lokal yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.”

Cerita perjalanan dan kesuksesan Berkah Saluyu bersama Shopee

  • Dalam mengawali bisnis, tantangan dan keterbatasan tentu tidak bisa dihindari. Terlebih bagi Atep yang sepanjang hidupnya tinggal di tengah-tengah dan bekerja sebagai petani, membuatnya memiliki pengetahuan yang minim akan cara berbisnis. Ditambah lagi, tanpa basis pengalaman bisnis sebelumnya, Atep juga langsung memilih untuk memasarkan produknya secara online melalui Shopee. Hadirnya platform digital e-commerce seperti Shopee membawa angin segar sekaligus membuka peluang baru bagi Atep untuk dapat mengembangkan kemampuan serta bisnisnya.
  • Ketika awal bergabung dengan Shopee pada tahun 2017, Atep pun merasa masih sangat awam dengan segala fitur yang ada di Shopee. Namun seiring berjalannya waktu, Atep merasakan dampak yang sangat signifikan terhadap perkembangan bisnisnya berkat hadirnya berbagai fitur dan inisiatif dari Shopee yang dapat ia manfaatkan. Salah satu fitur yang dirasa sangat bermanfaat bagi Atep ketika memulai berjualan online adalah Seller Center Shopee. Melalui fitur ini, Atep bisa menemukan berbagai informasi dan ilmu terkait produksi dan pemasaran serta insight toko yang sangat ia butuhkan untuk mengembangkan bisnisnya. Hal ini membawa pengaruh positif, bersama dengan Shopee Atep merasakan berbagai kegiatan usaha seperti pengiriman menjadi lebih cepat dan terstruktur, insight serta evaluasi menjadi lebih terukur dan jumlah order meningkat yang berujung pada perkembangan bisnisnya.
  • Melalui berbagai rangkaian kampanye, program serta fitur yang Shopee hadirkan, telah berhasil membantu bisnis Berkah Saluyu untuk meraih pencapaian yang luar biasa. Bergabungnya Berkah Saluyu pun disambut dengan baik oleh para konsumen sekaligus pengguna setia Shopee. Terbukti untuk produk terfavorit Berkah Saluyu yaitu karpet bulu rasfur berbagai ukuran, Atep berhasil menjual lebih dari 1500 buah karpet dalam 1 hari pada kampanye Shopee 11.11 Big Sale tahun lalu. Pencapaian ini turut membuktikan potensi produk lokal yang telah dipercayai dan semakin diminati masyarakat Indonesia.
  • Perjalanan bisnis Berkah Saluyu tidak selalu berjalan mulus. Akibat pandemi, penjualan Berkah Saluyu juga sempat mengalami penurunan. Meskipun demikian, Atep tetap konsisten dan memilih untuk terus memproduksi karpet bulu rasfur yang menjadi ciri khas dari bisnisnya. Keputusan Atep untuk tetap konsisten pada spesialisasi produknya ini pun berbuah manis. Ditambah lagi dengan rangkaian promo dan inovasi yang gencar dihadirkan oleh Shopee untuk terus mendukung para pelaku usaha lokal, angka penjualan Berkah Saluyu pun kembali stabil dan justru meningkat sekitar 30% dibandingkan sebelum pandemi.
  • Atep melihat bahwa potensi eksistensi yang ditawarkan oleh Shopee sangatlah besar, terlebih untuk pelaku usaha lokal seperti dirinya. Salah satunya melalui fitur #ShopeePilihLokal yang membantu mempromosikan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mengakses ragam produk lokal berkualitas. Selain itu, Berkah Saluyu juga tidak pernah kelewatan untuk bergabung ke rangkaian kampanye besar Shopee yang terus menghasilkan peningkatan bagi bisnis milik Atep, mulai dari9.9, 10.10 dan juga 11.11 Big Sale yang sedang berlangsung saat ini.
  • Untuk mengantisipasi lonjakan permintaan konsumen di kampanye Shopee 11.11 Big Sale kali ini, Atep melakukan persiapan secara ekstra dengan memastikan ketersediaan stok barang dan penambahan tenaga kerja. Untuk memeriahkan kampanye 11.11 tahun ini, Berkah Saluyu juga meluncurkan produk terbaru berupa selimut bulu rasfur dan memberikan penawaran terbaik untuk pengguna Shopee yaitu diskon hingga 70% untuk berbagai produknya.
  • Quote: Atep Taryadi, Owner Berkah Saluyu mengatakan, “Dari awal memulai bisnis saya langsung memilih Shopee. Jadi kalau ditanya awal berjualan dimana, ya di Shopee, saya tidak pernah berpaling dari Shopee. Saya merasa Shopee memiliki peran yang sangat besar dalam usaha saya melalui berbagai fitur, inisiatif serta program yang senantiasa dihadirkan oleh Shopee bagi para penjual. Kami para penjual sangat dibimbing oleh Shopee dan diberikan program-program yang ditujukkan untuk membantu meningkatkan bisnis. Termasuk melalui kampanye Shopee 11.11 Big Sale yang sedang berjalan saat ini yang merupakan kampanye spesial bagi Berkah Saluyu, dimana di kampanye 11.11 tahun lalu kami berhasil mendapatkan lebih dari 1500 pesanan untuk produk karpet Berkah Saluyu. Ini bukan pencapaian milik saya seorang karena dengan terus meningkatnya performa bisnis saya di Shopee, saya juga dapat terus memberikan manfaat nyata dengan membuka lapangan pekerjaan baru bagi warga sekitar. Jadi, secara tidak langsung yang membantu warga di lingkungan sekitar saya adalah Shopee.” Bisnis Berkah Saluyu semakin berkembang bersama Shopee
  • Salah satu kunci sukses berbisnis adalah tidak pernah berhenti untuk mencari kesempatan dan berinovasi. Tidak cepat puas dengan posisi Berkah Saluyu yang terus digemari pengguna Shopee di Indonesia, Atep percaya bahwa produknya juga akan disukai oleh konsumen di negara lain. Maka tanpa pikir panjang, ia langsung bergabung dengan Program Ekspor Shopee di tahun 2019, dan kini produk-produk Berkah Saluyu dapat dibeli oleh pengguna Shopee di Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand, Vietnam, hingga ke Brasil.
  • Quote: Atep Taryadi, Owner Berkah Saluyu mengatakan, “Saya tidak pernah terpikir bisa mengekspor produk Berkah Saluyu ke pasar global sebelumnya. Tetapi dengan Program Ekspor Shopee hal ini bisa terwujud ditambah dengan tim yang sangat membantu sehingga prosesnya mudah dan tidak ribet buat saya yang baru pertama kali ekspor. Dan ternyata sama seperti di Indonesia, karpet berukuran kecil dan taplak meja juga menjadi produk favorit konsumen luar negeri. Saya merasa sangat senang dapat mengambil bagian di program ini yang dapat membuka peluang pemasaran yang lebih luas lagi untuk produk-produk Berkah Saluyu.”
  • Ke depannya, Atep akan terus berinovasi dan mencari cara kreatif agar bisa meningkatkan penjualannya di dalam maupun luar negeri bersama Shopee. Baginya, tren produk karpet bulu rasfur ini masih panjang dan masih banyak peluang inovasi produk yang bisa dilakukan.

Categories: Kronik