Dahulukan Bansos, Pemkot Sukabumi Belum Bisa Realisasikan Anggaran Recovery Ekonomi - El Jabar

Dahulukan Bansos, Pemkot Sukabumi Belum Bisa Realisasikan Anggaran Recovery Ekonomi

SUKABUMI, eljabar.com — Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi belum bisa merealisasaikan anggaran untuk pemulihan (recovery) ekonomi. Meskipun dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun ini, tercantum sebesar Rp1,3 miliar khusus recovery ekonomi tersebut.

“Saat ini masih ke fokus penanganan. Seperti merealisasikan Bansos dulu,” ujar Plt. Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kota Sukabumi yayat Hidayat, Rabu (19/08/2020).

Yayat menambahkan, belum dicairkanya anggaran untuk recovery tersebut, dikarenakan kondisinya belum memungkinkan untuk saat ini.

Pasalnya, kata Yayat, masih fokus ke penyaluran bansos.

“Jadi kita masih menyalurkan bansos dampak covdi-19 itu, jadi belum ke pemuliah ekonomi,” tuturnya.

Disisi lain, dalam perjalanan rapat tersebut, banyak beberapa anggaran yang tergangggu, hal itu dikarenakan adanya recofusing anggaran. Seperti belanja langsung khusus untuk Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Bantuan keuangan Provinsi Jawa Barat yang belum terealisasi.

Yayat menambahkan anggaran penangan Covid-19 yang besaranya sekitar Rp22 miliar tersebut dibagi menjadi tiga kategori. Yakni untuk sektor kesehatan, ekonomi dan JPS.

“Sektor kesehtan juga dibagi beberapa sub, seperti pembangunan ruangan isolasi sekitar Rp3 miliar, rumah sakit darurat sekitar Rp900 juta, kemudian sub untuk pengujian massal dan pelacakan sekitar Rp3 miliar, pembelian desinfektan dengan anggaran sekitar Rp353 juta, rapid test dan biaya oeprasional gugus tugas.

“Termasuk insentif tenaga kesehatan yang mencapai sekitar Rp979 juta dan biaya promkes sekitar Rp 300 juta lebih,” pungkasnya. (Anne)

Categories: Pemerintahan