Dana DBHCHT di RSUD Moh Anwar Sumenep Dialokasikan Untuk Pengadaan Sarana Kesehatan – El Jabar

Dana DBHCHT di RSUD Moh Anwar Sumenep Dialokasikan Untuk Pengadaan Sarana Kesehatan

SUMENEP, eljabar.com Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr H. Moh. Anwar, Sumenep Madura, Jawa Timur, dapat anggaran Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tahun 2021 sebesar Rp 4,1 miliar.

Dana  miliaran tersebut digunakan untuk melengkapi sarana dan prasarana kesehatan di rumah sakit yang berada di Jalan Dr Cipto No.35, Gudang, Kolor, Kota Sumenep tersebut.

Adapun sarana dan prasarana kesehatan yang diadakan menggunakan DBHCHT tersebut diantaranya ambulans Rp 980 juta, pengadaan supporting daya berupa uninterruptible power supply (UPS) sebesar Rp 2 miliar, peralatan operasi Rp 640 juta, dan hepafilter Rp 500 juta.

Pasalnya, sarana prasarana tersebut, seperti ambulans, sebelumnya pihak RSUD sudah memiliki 3 unit dan akan ditambah lagi mengunakan dana DBHCHT yang sudah di alokasikan untuk rumah sakit setempat.

Tambahan satu unit ambulans dari dana DBHCHT tersebut dilengkapi dengan peralatan emergensi, dengan itu pasien yang dirujuk dari RSUD Dr H. Moh. Anwar Sumenep, terkontrol dengan baik.

Sedangkan untuk UPS sendiri dibutuhkan rumah sakit pada saat emergensi, terutama di ruang operasi. Pada saat terjadi mati daya listrik, UPS ini berfungsi untuk menstabilkan.

“Jika terjadi gangguan atau daya listrik matik, maka akan disupport UPS sehingga tetap stabil. Kekuatannya bisa bertahan sekitar 30 menit,” ungkap Direktur RSUD Dr H. Moh. Anwar Sumenep, Erliyati.

Selain itu, pihaknya mengaku, pihak rumah sakit juga melakukan pengadaan peralatan operasi untuk melancarkan tindakan, seperti  ada meja kemoterapi, dan  hepafilter untuk menyaring udara di ruang perawatan. Alat tersebut sangat penting terutama di era pandemi COVID-19 ini.

Intinya, kata Erliyati, semua rencana pengadaan sarana dan prasarana kesehatan dari DBHCHT ini untuk meningkatkan layanan kesehatan di RSUD Dr H. Moh. Anwar Sumenep.

“Semua rencana itu akan direalisasikan sebelum tutup tahun anggaran tahun 2021,” tutupnya. (ury)

Categories: Regional