Dengan Keterbatasan, SSJ Terus Konsisten Mendulang Prestasi – El Jabar

Dengan Keterbatasan, SSJ Terus Konsisten Mendulang Prestasi

BANDUNG, eljabar.com — Sekolah Sepak Bola Jawa Barat (SSJ) awal mula berdiri pata 1 Oktober 1986, yang didirikan oleh Zulkarnaen yang juga sebagai Pengurus Daerah Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (Pegda PSSI).

Sejak awal berdiri SSJ  memiliki 16 cabang yang tersebar di kota dan kabupaten di Jawa Barat. Seiring berjalannya waktu, saat ini hanya tersisa 2 SSJ, yaitu SSJ Arcamanik di Bandung dan SSJ Bogor.

Padahal sebelum para pendiri SSJ meninggal dunia, sempat memberikan amanat kepada Sdr. Budi terkait keberadaan SSJ jangan sampai berhenti atau bubar.

“Bud, saya titip SSJ jangan sampai bubar,” kata Budi menirukan amanat dari Zulkarnaen.

Sampai saat ini, Budi sebagai penerima amanat masih aktif hingga sekarang sebagai pelatih atau coach di SSJ Bandung.

Sejak berdiri hingga sekarang SSJ tidak bernaung di bawah Persib Bandung melainkan dibawah naungan PSSI. SSJ memiliki siswa mulai kelompok usia 4 sampai 18 tahun.

“SSJ dari dulu berprestasi dalam segala pertandingan pernah meraih juara 1, 2 atau 3 di ajang nasional dan internasional. Dan Alhamdulilah SSJ tahun 2021 dapat piala, setelah bertanding di Kota Cirebon, Kota Malang dan Bali, SSJ menjadi juara,” ujar budi.

Walaupun siswa SSJ berlatih di tempat sempit, tetapi kemenangan bukan dari termpat sarana dan prasarana yang cukup, akan tetapi bagaimana didikan dan latihan yang kompak.

Seusai bertanding selama tour 10 hari ke beberapa kota dan provinsi, SSJ berhasil mendapatkan beberapa piala.

Dan kedatangannya disambut langsung oleh Wakil Ketua DPRD Kota Bandung Dr. H. Edwin Senjaya, SE., MM., Kadispora Jabar Andri Heryanto dan Owners KLIK GO H. Yayan serta Rico sebagai wali siswa dan Pengurus SSJ, di Sport Jabar, Jalan Arcamanik, Senin (15/11/2021).

Dalam sambutannya H. Edwin, menyampaikan rasa syukur telah membawa Kota Bandung meraih prestasi tingkat Nasional, antara lain Juara ke 1 Piala Garuda di Malang, Juara 1 Piala KBP Polri di Bali.

“Prestasi yang diraih SSJ jangan dianggap remeh. Dan Prestasi Ini harus dipertahankan, bahkan ditingkatkan sampai masa-masa yang akan datang.  Karena ini jelas membangakan bukan hanya club tetapi Kota Bandung, Jawa Barat,” ujarnya.

Edwin pun menambahkan, bahwa untuk anggaran harusnya Pemerintah Kota Bandung, anggaran itu diserahkan ke Dispora yang menjadi stapholder dalam pembinaan cabor olah raga yang ada di Kota Bandung.

Dalam kedempatan yang sama H. Yayan sebagai Owner KLIK Go atau sponsorship SSJ memberikan dukungan dan memberikan sumbangan kepada siswa-siswa SSJ.

Yayan juga merasa sangat prihatin kepada SSJ dengan sejarah, latihan susah, dan lain-lain, yang hanya membuat anak-anak down.

“Anak-anak harusnya tidak boleh tahu, harusnya semangat belajar dan berjuang. Masalah biaya jangan sampai mereka dengar, itukan bahaya, makanya saya masuk merasa terpanggil. Sementara ini baru SSJ aja, karena merasa terpanggil untuk menjadi sponsor SSJ,” tegas Yayan. (Dadan)

Categories: Olahraga