Desa Binaan Program Prioritas Bupati Pamekasan,  BUM-Desa Rekkerrek Salurkan Bansos - El Jabar

Desa Binaan Program Prioritas Bupati Pamekasan,  BUM-Desa Rekkerrek Salurkan Bansos

Pamekasan, eljabar.com – Badan Usaha Milik Desa (BUMdes) Rekkerrek, Kecamatan Palengaan, Kabupaten Pamekasan menyalurkan bantuan sosial (bansos) berupa uang tunai kepada masyarakat setempat.

Fadil, Kades Rekkerrek mengatakan, dari omzet BUMDes Rekkerrek selama tahun 2020 yang mencapai Rp526.506.000,00 akan dibagikan untuk kesejahteraan masyarakat, dan sebagian dikembalikan kepada BUMDes sebagai penambahan bentuk  usaha yang lain.

“Dana ratusan juta yang dibagikan kepada masyarakat Desa Rekkerrek tersebut merupakan pendapatan asli desa (PADes) selama tahun 2020. Hasil dari BUMdes ini akan terus kami tingkatkan sehingga nantinya seluruh masyarakat desa mendapatkan manfaatnya,” tukas Fadli.

Fadli juga menjelaskan, 70 persen dari omzet BUMDes atau setara Rp368 juta tersebut akan dipetakan menjadi beberapa jenis bantuan tunai, seperti bantuan untuk pondok pesantren dan madrasah, takmir masjid (muazin), serta guru ngaji.

“Sebanyak 18 pengasuh pondok pesantren dan madrasah mendapat Rp2 juta per orang, 18 muadzin masjid mendapat Rp300 ribu per orang, 113 guru ngaji mendapat Rp300 ribu per orang, dan rokat desa mendapat bantuan Rp5 juta. Bansos ini hanya di bulan Ramadan saja,” ungkapnya.

Dia menerangkan, juga ada bantuan untuk lansia dan masyarakat penyandang disabilitas sebanyak 125 orang. Masing-masing dari mereka mendapat Rp300 ribu selama 6 bulan. Kemudian, bantuan khusus anak yatim sebanyak 54 anak. Masing-masing dari mereka mendapat bantuan sebanyak Rp300 ribu dalam triwulan.

Selain bantuan untuk masyarakat, kami juga memberikan tunjangan peningkatan kapasitas kepada perangkat desa. Mulai dari nominal Rp100 hingga Rp500 ribu sesuai dengan jabatannya. Bahkan, linmas pun juga mendapat tunjangan,” pungkas Fadil. (Idrus)

 

Categories: Nasional