Desa Sarimekar Kecamatan Jatinunggal Meraih Juara II Tingkat Jawa Barat – El Jabar

Desa Sarimekar Kecamatan Jatinunggal Meraih Juara II Tingkat Jawa Barat

Sumedang,eljabar.com — Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2021 setelah menjadi Juara Pertama Tingkat Kabupaten Sumedang.

Piala dan piagam penghargaan diserahkan oleh Sekretaris Dinas PMD Jawa Barat Wahyudin, S.Sos MM kepada Bupati Dr H Dony Ahmad Munir, ST, MM kemudian diserahkan kepada Kades Sarimekar Usep Saepudin di Gedung Negara, Rabu (1/9).

Selain Desa Sarimekar, hadir pula para pemenang BBGRM Tingkat Kabupaten lainnya yakni Desa Cijeler Kecamatan Situraja sebagai Juara II, Desa Haurngombong Kecamatan Pamulihan sebagai Juara III, Desa Cijambe Kecamatan Paseh sebagai Harapan I, Desa Tanjunghurip Kecamatan Ganeas sebagai Harapan II dan Desa Cintajaya Kecamatan Jatigede sebagai Harapan III.

Kepada para pemenang BBGRM Tingkat Kabupaten, Pemda Kabupaten Sumedang menyerahkan hadiah berupa 1 unit kendaraan roda dua untuk Juara I, 1 unit notebook dan 1 proyektor untuk Juara II, 1 unit televisi untuk Juara III, 1 unit wireless microphone untuk Juara Harapan I, II dan III. Masing-masing juga mendapatkan 20 paket Sembako dan pendukung APD.

Tampak hadir dalam acara tersebut, perwakilan Forkopimda KabupatenSumedang, Kepala Dinas PMD Kabupaten Sumedang Endah Kusyaman, para camat, serta para kepala desa dan tamu undangan lainnya yang mengikuti secara virtual.

Kepala Dinas PMD Endah Kusyaman dalam laporannya menyebutkan, pemberian penghargaan kepada Pelaksana Terbaik BBGRM Tingkat Kabupaten Sumedang dilaksanakan dalam rangka menentukan desa berprestasi.

“Kegiatan ini diikuti oleh 270 Desa dari 26 Kecamatan di Kabupaten Sumedang dengan harapan dapat menghasilkan desa yang berinovasi untuk kemajuan desanya,” ujarnya.

Sekdis PMD Provinsi Jawa Barat Wahyudin mengucapkan selamat kepada pemenang BBGRM Tahun 2021 yaitu Desa Sarimekar yang meraih Juara ke-2 tingkat Provinsi Jawa Barat.

“Saya ucapkan selamat. Kegiatan ini tidak semata-mata untuk juara, tetapi hasil-hasil yang telah diraih selama BBGRM terus dipelihara dengan menggerakkan semua unsur masyarakat dan pemerintah,” katanya.

Sementara itu, Bupati Dony menyampaikan apresiasi kepada Desa Sarimekar atas prestasi yang telah diraih.

“Saya harap prestasi yang diraih ini bisa memotivasi para kepala desa yang lain untuk melakukan berbagai inovasi di desanya,” ungkapnya.

Bupati mengingatkan kepada para kepala desa bahwa pondasi untuk membangun adalah budaya, teknologi dan agama.

“Jadikan potensi yang ada sebagai peluang untuk membangun desanya dengan cara berkolaborasi,” ujarnya.

Bupati juga meminta agar para kepala desa untuk memperhatikan warganya yang kurang mampu untuk diberdayakan.

“Dalam kegiatan pembangunan ambil para tenaga kerja dari DTKS sehingga dapat menciptakan lapangan pekerjaan,” imbuhnya.

Terakhir Bupati berharap BBGRM menjadi wahana membangkitkan kembali nilai-nilai kebersamaan dan kegotongroyongan yang menjadi modal sosial dalam pembangunan.

“Dengan terselenggaranya kegiatan ini, dapat mengembangkan rasa gotong-royong dan serta mampu memupuk sikap saling membantu satu sama lain,” ujarnya.(abas)

Categories: Regional