Dinkes Adakan Tes Kebugaran Jasmani Bagi ASN Sumedang - El Jabar

Dinkes Adakan Tes Kebugaran Jasmani Bagi ASN Sumedang

SUMEDANG, eljabar.com — Dalam rangka mengukur tingkat kebugaran jasmani ASN, Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang mengadakan kegiatan Tes Kebugaran yang dipusatkan di Lapangan Cigugur, Sport Centre Tadjimalela Kabupaten Sumedang, Jumat (11/12/2020).

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Kab. Sumedang Nia Sukaeni melaporkan, kegiatan tersebut diikuti oleh sekitar 100 orang ASN di Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang yang terdiri dari UPTD Farmasi, UPTD Labkesda, UPTD Puskesmas Padasuka, dan UPTD Puskemas Sumedang Selatan.

“Tujuan dari pelaksanaan tes kebugaran adalah terlaksananya pemantauan dan evaluasi terhadap jasmani ASN yang sehat dan bugar,” ucapnya.

Ia mengatakan, kebugaran sendiri merupakan kemampuan tubuh seseorang untuk melakukan pekerjaan sehari-hari secara efektif dan efisien dalam jangka waktu relatif panjang tanpa menimbulkan kelelahan yang berlebihan.

“Selain sebagai salah suatu upaya untuk mengetahui adanya kelainan dan penyakit yang diderita, kegiatan ini juga mampu membuat program latihan atau olahraga yang sesuai serta mengevaluasinya,” ungkapnya.

Dikatakan Nia lebih lanjut, kegiatan tersebut adalah yang kedua kali setelah sebelumnya dilaksanakan di lingkup kerja IPP Sumedang pada tanggal 14 November 2020.

“Hari ini Jumat tanggal 11 Desember 2020 di Lapang Tadjimalela adalah yang kedua. Kali ini untuk ASN di lingkungan Dinkes Kabupaten Sumedang. Saya harap ke depannya kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan di SKPD lainnya,” tutur Nia.

Sementara itu, Bupati H Dony Ahmad Munir yang hadir membuka kegiatan  mengatakan, tes kebugagan seperti tersebut harus terus rutin dilakukan sebagai usaha untuk memaksimalkan kinerja ASN di Kabupaten Sumedang.

“Kegiatan ini harus terus di follow-up lagi ke depannya dan tidak hanya berhenti hanya sekedar program semata. Apalagi di masa pandemi Covid-19, dapat membantu para ASN untuk mengecek tingkat kebugaran tubuhnya masing-masing,” tukasnya.

Terakhir Bupati berpesann kepada ara ASN agar bisa memberikan contoh kepada masyarakat dalam menerapkan pola hidup sehat.

“Dengan adanya kegiatan seperti ini, tentunya ASN bisa memberikan contoh untuk terus menerapkan pola hidup yang sehat melalui latihan fisik secara rutin dan tidak berlebihan,” pungkasnya. (Abas)

Categories: Kronik