Dipimpin Bupati, Polres Sumedang Gelar Apel Pengamanan Pilkades Serentak 2020 - El Jabar

Dipimpin Bupati, Polres Sumedang Gelar Apel Pengamanan Pilkades Serentak 2020

SUMEDANG, eljabar.com — Satu hari menjelang pesta demokrasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di Kabupaten Sumedang, Polres Sumedang menggelar Apel Pasukan Pengamanan Pilkades Serentak di Halaman Makopolres Sumedang, Selasa (15/12/2020).

Apel gelar pasukan dipimpin Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir dan dihadiri unsur Forkopimda, para Kepala Perangkat Daerah, jajaran Polres Sumedang, perwakilan Satlinmas dan BPBD Kabupaten Sumedang.

Dalam amanatnya Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir menyampaikan bahwa  Pilkades merupakan salah satu peristiwa penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara seperti pelaksanaan pemilihan lainnya.

Sebagai pengamalan Pancasila dan UUD 1945, kata Bupati, Pilkades akan menentukan nasib dan masa depan masyarakat di wilayah pedesaan karena salah satu sarana untuk mewujudkan kedaulatan rakyat sebagaimana diamanatkan dalam UUD 1945.

“Pilkades sejatinya adalah proses untuk mensejahterakan masyarakat melalui pesta demokrasi. Oleh karena itu, sudah menjadi kewajiban bersama sebagai warga Sumedang yang baik turut menyukseskan Pilkades serentak,” ungkapnya.

Dikatakan Bupati, pelaksanaan apel gelar pasukan dalam rangka kesiapan pengamanan Pilkades serentak tersebut adalah wujud kesiapan, keseriusan dan kesungguhan dalam menjalankan Pilkades dengan baik dan perencanaan yang matang.

Ia pun berharap, melalui apel gelar pasukan ini, pada pelaksanaannya nanti Pilkades serentak para petugas bisa menjalankan tugasnya secara maksimal sehingga berjalan dengan aman dan lancar.

“Apel gelar pasukan ini sebuah tanda bukti bahwa kita betul-betul siap melaksanakan pilkades pada hari rabu tanggal 16 Desember esok hari. Mudah-mudahan dalam pelaksanaannya bisa berjalan maksimal sesuai Tupoksi kita dalam pelaksanaan Pilkades serentak,” kata Bupati.

Ia menambahkan, setidaknya ada lima indikator keberhasilan pelaksanaan Pilkades, pertama pelaksanannya aman lancar, damai dan kondusif, kedua meningkatkan partisipasi pemilih desa, ketiga aman dari Covid-19, keempat sukses administrasi dan kelima menghasilkan para Kepala Desa berkualitas.

“Itulah lima sukses. Mudah-mudahan menjadi bagian dari kesadaran kita untuk mengawal dan mengamankan Pilkades bersama-sama. Ikhtiar lahir dan batin perlu kita lakukan. Saya titip pesan sisipkan dalam doa kita, agar  Pilkades  pada esok hari diberikan kelancaran. Kalau sudah ikhtiar lahir batin, kita tinggal tawakal kepada Allah SWT,” pungkasnya. (Abas)

Categories: Pemerintahan