Direktur Pol PP dan Linmas Kemendagri Pantau Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan Covid-19 di Wilayah Jawa Barat - El Jabar

Direktur Pol PP dan Linmas Kemendagri Pantau Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan Covid-19 di Wilayah Jawa Barat

CIREBON, eljabar.com – Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan melalui Direktur Pol PP dan Linmas Kemendagri beserta Tim Dit. Pol PP dan Linmas yang didampingi Kasatpol PP Prov. Jawa Barat dan jajarannya, memantau pelaksanaan kegiatan penegakan disiplin protokol kesehatan Covid-19 di wilayah Jawa Barat.

Direktur Pol PP dan Linmas Kemendagri, Bernhard E. Rondonuwu menjelaskan, kegiatan diawali dengan pemantauan penegakan pelanggar peraturan daerah (perda) berupa pembangunan jembatan diatas irigasi di wilayah Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon yang menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Pada kesempatan tersebut, Direktur Pol PP dan Linmas, Bernhard E. Rondonuwu melakukan pemantauan terhadap proses penghentian pembangunan jembatan tersebut oleh Satpol PP Prov. Jawa Barat, yang dilaksanakan pada pukul 08.20 – 08.30 WIB.

“Selanjutnya dilakukan penyerahan bantuan masker dan handsanitizer kepada Satpol PP Provinsi Jawa Barat dan Satpol PP Kota Cirebon di kantor Satpol PP Kota Cirebon. Penyerahan bantuan diwakili Kasatpol PP Prov. Jawa Barat dan Sekda Kota Cirebon, yang dilaksanakan pada pukul 08.55-09.50 WIB,” jelas Bernhard, dalam keterangan tertulisnya.

Dikatakan, penyerahan bantuan masker dan handsanitizer ini merupakan salah satu bentuk perhatian dan usaha Kemendagri selaku Pemerintah Pusat dalam memotivasi anggota Satpol PP dan Satlinmas di seluruh daerah Indonesia, pada saat pelaksanaan penegakan protokol kesehatan di tengah masyarakat.

“Selain itu juga, diharapkan petugas lapangan melakukan tindakan sesuai dengan sop dan peraturan yang berlaku, dikarenakan Satpol PP sekarang telah menjadi sorotan media di Indonesia. Dan hal tersebut akan berdampak bagi citra Satpol PP dan Satlinmas kedepannya,” ujar dia.

Bernhard menyatakan bahwa Kementerian Dalam Negeri selaku pembina pemerintah daerah di pusat saat ini sedang berperang dengan Covid-19.

“Tantangan kedepan juga cukup berat, dimana beberapa bulan lagi akan dilaksanakan Pilkada Serantak 2020 di 270 daerah di Indonesia yang masih berada di tengah kondisi Pandemi Covid-19. Selain itu, mengingat Satpol PP merupakan garda terdepan dalam penanggulangan penyebaran Covid-19, Kemendagri melalui Dit. Pol PP dan Linmas sangat mengapresiasi kinerja satpol PP dan Satlinmas di lapangan,” pungkasnya dia. (Abas)

Categories: Nasional