Disdik Sumenep Rencanakan PTM Penuh Pada Tahun Ajaran Baru 2021-2022 - El Jabar

Disdik Sumenep Rencanakan PTM Penuh Pada Tahun Ajaran Baru 2021-2022

SUMENEP, eljabar.com – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, merencanakan pelaksanan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada sekolah secara penuh pada tahun ajaran baru 2021-2022 di bulan Juli mendatang.

Sebelumnya, Disdik Sumenep telah melaksanakan uji coba PTM pada sekolah yang berada di naungannya, sejak awal bulan Januari 2021 yang lalu, dengan sistem masuk secara bergantian, dan tetap wajib memenuhi protokol kesehatan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kapala Disdik Sumenep, Moh Iksan, menjelaskan bahwa pelaksanaan uji coba PTM tersebut berjalan dengan maksimal tanpa ada kendala yang berarti. Dari itu, uji coba PTM bisa dilanjutkan meskipun tanpa menggunakan surat edaran kembali, karena sudah berjalan baik dan benar.

“Bahkan kami menerima informasi dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), pada tahun ajaran baru tahun 2021-2022 akan dilaksanakan pembelajaran langsung secara penuh,” kata Iksan pada media ini, saat dikonfirmasi di ruang kerjanya. Kamis (04/03/2021).

Lebih lanjut Iksan mengaku bahwa sampai saat ini, untuk jenjang PAUD, SD, dan SMP, belum ada laporan tentang warga sekolah yang terpapar covid-19 selama pelaksanaan uji coba PTM berlangsung.

“Tapi untuk yang SMA, memang ada kemarin. Makanya, SMA Negeri 1 Sumenep di Lock Down selama dua minggu karena ada siswanya yang terkonfirmasi covid-19,” tambahnya.

Kendati demikian, dia tidak menampik, bahwa telah menerima laporan dari tim satgas covid-19, masih ada beberapa sekolah yang tidak disiplin mematuhi protokol kesehatan pada proses uji coba PTM berlangsung.

Untuk itu, dia menegaskan pada semua kepala sekolah, supaya saat melaksanakan PTM memberikan himbauan pada warga sekolah, baik dari guru maupun siswa, wajib memakai masker, dan mencuci tangan sebelum masuk sekolah.

“Bagi siswa yang lupa bawa masker, sekolah wajib menyediakan masker, supaya di pakai untuk masuk ke dalam kelas,” tegasnya.

Selanjutnya, dia berharap pada bulan juli 2021 mendatang sumenep sudah masuk dalam zona hijau, supaya kegiatan belajar mengajar (KBM) di kabupaten yang berlambang kuda terbang ini bisa berjalan seperti sedia kala.

“Mau tidak mau, warga sekolah wajib mematuhi protokol kesehatan demi, keamanan dan memutus penyebaran covid-19 secara total,” tutupnya. (ury)

Categories: Nasional