Disparbudpora Sumedang Bersama Askab PSSI Gelar Coaching Clinic Sepak Bola Putri – El Jabar

Disparbudpora Sumedang Bersama Askab PSSI Gelar Coaching Clinic Sepak Bola Putri

SUMEDANG, eljabar.com — Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Sumedang bekerjasama dengan Askab PSSI Sumedang menggelar Pekan Olahraga Rekreasi Masyarakat (Coaching Clinic) Sepak Bola Putri Tahun 2020, Senin (14/12/2020).

Kegiatan yang digelar di Aula Islamic Center ini dibuka oleh Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan dan diikuti sebanyak 52 peserta perwakilan dari setiap kecamatan se-Kabupaten Sumedang.

Dalam kesempatan tersebut, dilaksanakan pula penyerahan bantuan peralatan untuk empat cabang olahraga (karate, paralayang, tarung derajat, sepakbola) yang secara simbolis diserahkan Wakil Bupati Sumedang kepada perwakilan pengurus di masing-masing cabor.

Kepala Disbudparpora Kabupaten Sumedang Harry Tri Santosa menyampaikan, bahwa perkembangan sepakbola putri Kabupaten Sumedang memiliki sederet prestasi yang luar biasa baik tingkat provinsi maupun tingkat nasional.

Dimulai pada tahun 2005 ketika pertama kali mengikuti kejuaraan sepakbola putri tingkat nasional Sumedang berhasil juara kedua. Kemudian pada tahun 2006 berhasil menjadi juara pertama dan melahirkan atlet sepak bola putri yang berkiprah di tingkat nasional.

Tidak kalah dengan para pendahulunya, kata Harry, mojang – mojang Sumedang pun saat ini kembali ikut mengharumkan nama Kabupaten Sumedang didunia olahraga khususnya di cabang olahraga sepakbola putri diantaranya, Tia Darti, Een dan Diana.

“Ketiganya berhasil mempersembahkan gelar juara untuk Jawa Barat pada kejuaraan nasional dan menjadi bagian timnas Indonesia. Dan terakhir pada tahun 2019 berhasil mempersembahkan Juara Liga Satu Putri Pertama untuk PERSIB Bandung,” jelasnya.

Sejalan dengan hal tersebut, lanjut Harry, bahwa penyelenggaraan coaching clinic ini dilandasi keinginan menggelorakan, mengajak, menggerakan dan memberikan motivasi para mojang Sumedang untuk meningkatkan prestasi sepak bola putri di Kabupaten Sumedang.

Tak hanya itu, selain memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat sepakbola putri, yang tidak kalah pentingnya adalah untuk menggali potensi atlet sepakbola putri di Kabupaten Sumedang.

Sementara itu, Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan, menyambut baik dan memberikan dukungan kegiatan tersebut. Ia berharap, melalui coaching clinic ini akan semakin muncul bibit-bibit pesepakbola putri di Kabupaten Sumedang.

“Kabupaten Sumedang pernah berprestasi di tingkat provinsi Jawa Barat dan tingkat nasional, kami ingin mengembalikan prestasi tersebut salah satunya melalui coaching clinic ini,” ungkapnya.

Ia memandang, pelatihan seperti ini memberi kontribusi yang sangat berharga dalam pembangunan bidang olahraga. Kegiatan ini, kata Wabup, perlu terus dilaksanakan sebagai bekal untuk memperluas wawasan dan membantu meningkatkan kompetensi para atletĀ  sepakbola putri.

“Harus ada pembinaan terus menerus, melalui coaching clinic ini adik-adik bisa lebih mengetahui teknik sepakbola baik. Selain itu, kegiatan ini menjadi sarana untuk memupuk semangat juang dalam memberikan prestasi terbaik bagi Sumedang,” kata Wabup.

Diakhir sambutannya, secara khusus Wabup berpesan kepada seluruh peserta, agar mengikuti materi pelatihan dengan sungguh-sungguh, sehingga akan menambah ilmu dan pengalaman yang akan sangat bermanfaat sebagai bekal menghadapi situasi dan kondisi dilapangan. (Abas)

Categories: Olahraga