Ditarget Rampung Akhir Tahun, Pembangunan Jembatan Ploso Baru Jombang Terus Dikebut – El Jabar

Ditarget Rampung Akhir Tahun, Pembangunan Jembatan Ploso Baru Jombang Terus Dikebut

MOJOKERTO, eljabar.com – Pembangunan Jembatan Ploso Baru Jombang ditargetkan rampung pada akhir tahun ini. Hingga berita ini ditayangkan, pengerjaan jembatan tersebut sedang merampungkan erection girder di sisi utara jembatan.

Jembatan sepanjang 1,3 kilometer dengan bentang jembatan sepanjang 258 meter dan lebar dua jalur jalan 14 meter tersebut, menurut PPK 4.6 Jawa Timur, Siti Sekar Gondoarum, progres pekerjaannya telah mencapai 70 persen.

“Progress pengerjaan pembangunan Jembatan Ploso yang berlokasi di Desa Ploso, Kecamatan Ploso, Kabupaten Jombang, Jawa Timur ini sudah mencapai 70%,” kata Sekar.

Siti mengatakan, pekerjaan Erection Girder ini menggunakan metode portal gentry, dimana jumlah girder yang dipasang sebanyak empat girder, masing-masing memliki bentang tiga puluh meter dan dilakukan dalam satu hari.

Hal ini terungkap dalam kunjungan kerja saat Dinas PU Bina Marga Provinsi Jawa Timur meninjau pekerjaan erection girder di sisi utara jembatan.

Tim peninjau dari DPU Bina Marga Provinsi Jawa Timur itu dipimpin oleh Kepala Bidang Pembangunan dan Peningkatan Erwandy Agusta.

“Progresnya sudah mencapai 70 persen, kami optimis paket ini bisa selesai tepat waktu,” kata Sekar.

Sekar menambahkan bahwa pihaknya dan kontraktor pelaksana menjamin untuk menjaga kualitas pekerjaan pembangunan Jembatan Ploso Baru yang sudah lama dinanti masyarakat.

Selain itu, fly over yang menjadi satu paket pembangunan Jembatan Ploso Baru, menurut Sekar nantinya akan memperlancar arus lalu lintas, baik di sisi utara maupun sisi selatan jembatan.

“Pengguna jalan akan terbantu dengan fly over ini,” ucapnya.

Sementara, Kepala Bidang Pembangunan dan Peningkatan DPU Bina Marga Jatim Erwandy Augusta menerangkan bahwa pihaknya optimis pengerjaan jembatan tersebut akan selesai tepat waktu, yaitu pada 30 Desember 2021 mendatang.

“Jembatan ini juga akan membawa dampak positif bagi masyarakat,” ujar Erwandy.

Hal senada juga dikemukakan oleh Kepala UPT PJJ Mojokerto Tutuk Suryojatmiko, yang turut hadir dalam kunjungan kerja tersebut.

Ia juga menjelaskan bahwa kegiatan monitoring terhadap pembangunan jembatan yang berada di Ploso, Kabupaten Jombang itu dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Standar prokes dijalankan secara ketat dalam kegiatan monitoring pembangunan Jembatan Ploso Baru, seperti mengenakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan sebelum kegiatan,” imbuh Tutuk.

Kegiatan monitoring pembangunan Jembatan Ploso dilaksanakan selama dua tahap, masing-masing pada 08 September 2021 dan 10 September 2021 di Jembatan Ploso.

Dalam kesempatan tersebut juga hadir Kepala Bidang Pembangunan Jalan dan Jembatan BBPJN Jatim-Bali Ayu Pertimasari Sekar Handayani, Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah IV Provinsi Jawa Timur Nanang Permadi dan Kepala Satuan Kerja Perencanaan dan Pengawasan Jalan Nasional Provinsi Jawa Timur Muhammad Ali Duhari. (*wn/as/bm)

Categories: Nasional