DPR Tekankan Proyek Tol Cisumdawu Harus Selesai Desember 2021 - El Jabar

DPR Tekankan Proyek Tol Cisumdawu Harus Selesai Desember 2021

SUMEDANG, eljabar.com — Anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Ir Anang Susanto mengatakan, Pembangunan proyek nasional Tol Cisumdawu harus selesai maksimal Desember 2021. Itu setelah Anang bersama rombongan mengecek ke lokasi pembangunan Tol Cisumdawu di seksi 4,5 dan 6 meliputi Kecamatan Jatinangor, Tanjungsari dan Rancakalong, kemarin.

“Melihat progres pembangunan memang bagus, namun ada kendala di pembebasan lahan. Jadi memang harus disekesaikan oleh BPN, warga pemilik tanah dan Pemda setempat,” ujarnya usai meninjau lokasi pembangunan Tol Cisumdawu.

Menurut Anang, pemerintah pusat telah menggelontorkan anggaran yang lumayan besar untuk pembangunan infrastruktur jalan bebas hambatan tersebut. Sehingga, manfaatnya harus benar-benar dirasakan oleh masyarakat luas. Apalagi, kata dia, Tol Cisumdawu akan menjadi poros ekonomi Jawa Barat bagian timur dan Bandung Raya ke Cirebon.

“Kalau Cisumdawu sudah jadi, dari Bandung ke Bandara Kertajati paling 40 menitan. Dan warga dari Tasik Pangandaran bisa menggunakan bandara Kertajati dari pada harus ke Soekarno Hatta,” katanya.

Untuk itu, pihaknya menyarankan agar pembangunan Cisumdawu bisa selesai di bulan Desember 2021. “Seksi 1,2 dan 3 kan sudah selesai tinggal seksi 4,5 dan 6 yang harus dibenahi. Kemudian di Cimalaka memang ada sebagian tanah yang belum dibebaskan,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Satker Tol Cisumdawu Yusrizal Kurniawan mengatakan sebetulnya masalah atau kendala di pembangunan Tol Cisumdawu adalah di pembebasan lahan. Banyak masalah yang belum diselesaikan antara pemilik lahan dengan BPN. Terutama masalah legal aspek dan surat surat kepemilikan lahan.

“Kalau pembangunan InsyaaAlloh sudah siap. Bahkan di cuaca ekstrem sekaligus, kami sudah mengantisipasi itu. Jadi kalau cuaca kayaknya gak begitu mempengaruhi,” katanya.

Menurut Yusrizal, perkiraan cuaca ekstrim terjadi di bulan Desember sampai Februari 2021. Dan itu sudah dipersiapkan dengan tenaga ahli dan alat yang mumpuni.

“Mudah-mudahan Desember atau gak November 2021 bisa selesai dan sudah bisa digunakan,” tandasnya. (Abas)

Categories: Nasional