DPU Bina Marga Jatim Bangun Tembok Penahan Longsor di Bojonegoro – El Jabar

DPU Bina Marga Jatim Bangun Tembok Penahan Longsor di Bojonegoro

BOJONEGORO, eljabar.com — Demi mengutamakan keselamatan masyarakat, khususnya pengguna jalan Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Provinsi Jawa Timur melalui Unit Pelaksana Teknis Pengelolaan Jalan dan Jembatan (UPT PJJ) Bojonegoro membangun tembok penahan longsor di Jalan Jurusan Batas Kota Bojonegoro – Pajeng (Bts. Kab. Nganjuk) (Link 144), sejak Kamis (09/09/2021).

Hal ini dikemukakan oleh Ketua Tim Pelaksana Swakelola Penanggulangan Kerusakan Jalan dan Jembatan akibat Bencana Alam UPT PJJ Bojonegoro Hari Setijobudi.

Menurut Hari tembok penahan longsor tersebut dibangun sepanjang 118 meter dan tingginya bervariasi dari 1,5 meter sampai 4 meter.

“Mengikuti kontur tanah,” ulas Hari, singkat dan lugas.

Dijelaskan Hari, tim penanggulangan yang dipimpinnya langsung bergerak cepat untuk segera mengerjakan pembuatan Tembok Penahan Tanah (TPT) dari pasangan batu.

“Tim kami bergerak di bawah instruksi Kepala UPT PJJ Bojonegoro,” imbuhnya.

Tembok penahan longsor tersebut dibangun karena tanah sebelah timur jalan mengalami penurunan. Selain itu, tikungan tajam dan tanjakan di lokasi itu juga dikhawatirkan akan menyebabkan terjadi kecelakaan.

Untuk itu pihaknya mengimbau kepada masyarakat yang melintas di jalan batas kota Bojonegoro-Pajeng agar lebih memperhatikan kelaikan kondisi kendaraan.

“Masyarakat harus waspada dan hati-hati apabila melintas di jalan tersebut dan lebih mengutamakan faktor keselamatan dalam berkendara,” imbau Hari. (bmnews/*wn)

Categories: Regional